BUMDES Terbaik adalah cerminan dari BUMDES yang memiliki beberapa kriteria. Masih banyak pendapat yang menyatakan kriteria apa saja yang dimiliki sehingga BUMDES disebut sebagai BUMDES terbaik. Namun menurut Tim SMEDEV Training Center kami akan mengulas berdasarkan kriteria yang telah kami buat sesuai dengan pengamatan yang telah kami lakukan. Bisa jadi BUMDES anda adalah BUMDES terbaik menurut versi kami. Jika BUMDES yang anda kelola bukanlah BUMDES terbaik versi kami, jangan kecewa karenabisa jadi BUMDES anda terbaik menurut versi lain. Pertama Memiliki Manajemen Struktur Organisasi yang bagus termasuk jobdesc yang jelas sesuai kebutuhan organisasi BUMDES. BUMDES yang terorganisis dengan baik tentunya akan lebih efektif geraknya sehingga mempercepat laju pertumbuhan BUMDES. Jobdesc yang sudah disusun dan dikerjakan akan menggerakkan roda BUMDES menuju tujuan yang telah ditetapkan.

Kedua, BUMDES Terbaik harus memiliki rencana usaha yang tertuang dalam tulisan atau sebuah rencana bisnis. Didalam Rencana Bisnis (Bisnis Plan BUMDES) akan terlihat peta berikut potensi yang harus dikembangkan oleh BUMDES berdasarkan riset yang telah dilakukan. Tidak hanya itu, dalam rencana bisnis BUMDES memuat strategi pengembangan usaha selama 5-10 tahun kedepan sesuai dengan tujuan atau target masing-masing. Sehingga akan terukur sejauh mana BUMDES sudah melangkah dan mana target yang belum tercapai. Kami memiliki program Pelatihan BUMDES untuk membentuk BUMDES yang tangguh.

Ketiga, BUMDES Terbaik harus tahu kemana arah kelembagaan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Bentuk kelembagaan harus jelas. Jika memang belum ada haruslah mengetahui kearah mana kelembagaan BUMDES akan diarahkan. Entah dalam bentuk koperasi, CV, PT atau KUBE dll. Sekali lagi tidak ada bentuk kelembagaan yang paling sempurna, masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun, yang perlu diperhatikan kelembagaan harus disesuaikan dengan arah kebijakan, Visi, Misi serta tujuan kemana BUMDES akan melangkah.

Keempat, BUMDES Terbaik memiliki 4P yang bagus. Yaitu SDM yang kompeten dalam mengelola dan memanajemen BUMDES. Produk yang memiliki USP (Unique Selling Proposition) atau yang sering disebut dengan kekuatan produk / pembeda produk / kelebihan produk yang dimiliki dibandingkan produk yang sudah ada di pasaran. Inovasi produk dan kreativitas dalam menciptakan produk baru sangat diperlukan untuk pengembangan produk. Permodalan, Manajemen keuangan yang harus senantiasa tercatat dengan rapi. Sehingga pengelolaan keuangan serta perencanaannya bisa berjalan dengan sempurna. Pasar yang bagus merupakan P yang ke-empat. Pasar dibentuk dari produk yang telah dibutuhkan oleh masyarakat, atau bisa dibentuk sendiri oleh BUMDES. Tentunya akan lebih mudah mengambil pasar yang sudah ada, daripada membentuk pasar yang baru. Dalam pengembangan pasar, harus senantiasa di perhatikan aspek manajemen pemasaran BUMDES yang baik.

Kelima, BUMDES terbaik mempunyai keuntungan sekaligus peran pemberdayaan masyarakat desa. Dimana saja yang namanya usaha harus menimbulkan keuntungan. Namun, BUMDES memiliki tantangan dalam hal ini, yaitu BUMDES harus bisa memberdayakan masyarakat desa dan potensinya agar kesejahteraan masyarakat desa bisa terangkat. Orang tidak harus ke kota untuk mencari pekerjaan, namun bisa bekerja atau bekerjasama dengan BUMDES tempat mereka mencari penghasilan.

Keenam, Memiliki Aset Teknologi Informasi sebagai peningkatan daya saing. Perkembangan TI di dunia sangatlah cepat, Desa sudah pasti harus memiliki kemampuan dalam menggunakan serta memanfaatkan IT untuk menunjang dan mengembangkan usaha melalui BUMDES. Beberapa hal tersebut perlu dimiliki oleh BUMDES yaitu Perangkat Komputer dan pendukungnya, Jaringan Internet, Software BUMDES( Tim SMEDEV mengembangkan software BUMDES yang bisa mengelola BUMDES baik dalam aspek keuangan, pemasaran, sdm dan stock produk), Website Profile BUMDES sebagai sarana promosi dan membangun jaringan kerjasama.

Ketujuh, Dukungan oleh seluruh pemerintah desa baik dari bawah maupun dari atas. Dukungan ini sangat penting dalam menggerakan roda perekonomian desa berbasis BUMDES.

Banyak orang yang mencari tentang contoh bumdes yang sukses, bumdes terbaik diindonesia, bumdes terbaik di bali, bumdes terbaik di jawa barat, bumdes terbaik se jawa tengah, bumdes terbaik di jawa timur atau bahkan bumdes paling maju. Namun pada dasarnya penilaian tersebut bisa diukur berdasarkan kriteria yang telah kami tetapkan dalam artikel kami. Selain itu kriteria tersebut juga bisa dijadikan syarat sebagai suatu cara mendirikan bumdes berdasarkan ciri-ciri tersebut diatas. Selamat menilai tentang BUMDES terbaik yang anda kelola.

Pelatihan Manajemen BUMDES
SMEDEV Training Center
087734577740