Contoh Usaha Bumdes Inspirasi Membangun Ekonomi Desa

bumdes panggungharjo bumdes ponggok jasa lingkungan bumdes bumdes berhasil usaha simpan pinjam

Contoh usaha bumdes yang sudah sukses sangat diperlukan untuk memperkaya referensi dalam mengembangkan ekonomi desa. Apakah anda termasuk orang yang masih bingung dalam menentukan jenis usaha bumdes? Jika iya maka perlu diketahui bahwa antara satu desa dengan desa yang lainnya adalah sangat berbeda. Belum tentu usaha bumdes di suatu desa cocok untuk diterapkan didesa lain. Hal terpenting ketika menentukan usaha bumdes adalah memetakan potensi desa sehingga bisa dijadikan dasar dalam menentukan usaha di desa. Fase awal ini akan menentukan kearah mana bumdes akan melangkah dan akan menentukan langkah-langkah selanjutnya. Jika anda ingin mengetahui entang bagaimana memetakan potensi desa, maka bisa mengikuti pelatihan bumdes yang kami selenggarakan.

Berikut ini adalah contoh usaha bumdes sukses dan bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat atau mengembangkan bumdes.

  1. Usaha Pengelolaan Sampah

Pengelolaan sampah saat ini menjadi isu penting untuk dibahas. Seperti yang dilakukan oleh BUMDES Panggungharjo Bantul Yogyakarta, Bumdes ini mengelola sampah sehingga sampah bisa dijadikan sesuatu yang lebih bernilai. BUMDES ini merupakan salah satu contoh bumdes sukses yang bisa dijadikan contoh dalam mengelola sampah.Ecobrick juga menjadi pilihan teknik dalam mengelola sampah. Ecobrick memiliki kemampuan dalam mengelola sampah menjadi barang yang bisa bernilai tinggi untuk dijual serta mudah dalam pelaksanaanya.

  1. Usaha Jasa Lingkungan Bumdes

Bagi yang pernah berkunjung ke desa ponggok klaten tentunya pasti akan mengetahui tentang pengelolaan air sebagai destinasi wisata yang super keren. Salah satu yang menonjol adalah kita bisa berfoto disana layaknya berada di dasar laut. Usaha jasa lingkungan ini sangat potensial, kebutuhan orang akan wisata serta tempat hiburan baru menjadi destinasi penting sepanjang tahun. Usaha ini akan panen disaat musim liburan maupun tidak liburan. Bagi yang memiliki hutan desa, maka bisa mengelola hutan dan dijadikan tempat wisata. Contoh hutan yang saat ini lagi ngetrend adalah hutan pinus mangunan yang banjir pengunjung karena tempatnya yang indah dan cocok untuk berfoto-foto ria.

contoh usaha bumdes pelatihan bumdes potensi desa bisnis plan bumdes pengolahan sampah

  1. Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan ini bisa sebagai distributor ataupun menjual secara retail, tentunya disesuaikan dengan modal yang tersedia. Bisa jadi bumdes mendirikan minimarket yang dikelola secara profesional didukung teknologi informasi yang bagus. Dalam memilih produk perlu diperhatikan tentang pangsa pasarnya, harus mengambil pangsa pasar yang diperlukan sepanjang tahun, bukan musiman. Contoh yang dibutuhkan oleh orang sepanjang tahun adalah kebutuahan dasar manusia : sembako, pendidikan, kesehatan, hiburan. Sedangkan musiman contohnya adalah batu akik, burung kenari, gelombang cinta.

  1. Usaha Produksi

Contoh usaha bumdes keempat ini perlu perencanaan yang matang. Selain melihat aspek ketersediaan pasar, perlu diperhatikan juga tentang kemampuan modal, kemampuan produksi serta SDM. Banyak aspek yang diperhatikan ketika hendak memproduksi suatu barang. Jangan sampai ada penumpukan barang yang terlalu banyak sehingga menyebabkan cashflow tidak sehat.

  1. Usaha Online

Pasar online sangat potensial untuk dilewatkan. Perumbuhan pasar online di indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu lebih dari 50% pertahunnya. Hal inilah yang mendorong para raksasa e-commerce seperti alibaba lazada menginvestasikan modalnya ke indonesia. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh pertumbuhan yang sangat fantastis di Indonesia. Ada berbagai macam jenis bisnis di online yaitu produsen yang menjual barangnya sendiri, menjualkan barang orang lain serta dropship model, yaitu menjual barang orang lain namun tidak memiliki stock barang.

  1. Usaha Penyewaan

Desa bisa membeli peralatan seperti tenda ataupun barang lain yang bisa disewa oleh warga setempat maupun umum. Sehingga keuntungan dari persewaan barang tersebut digunakan untuk operasional bumdes serta pengembangan usaha bumdes. Jika desa memiliki lahan atau ruko yang bisa disewakan maka hal tersebut akan menambah pemasukan desa, tentunya harus dikelola dengan baik.

  1. Usaha Simpan Pinjam

Usaha uang merupakan usaha yang sangat potensial, karena kebutuhan manusia akan uang sangat besar. Dalam usaha simpan pinjam ini sangat penting dilakukan pencatantan baik secara manual maupun secara modern. Sebaiknya memang menggunakan software pencatat keuangan yang stabil. Prinsip akad jual beli secara syariah sangat diwajibkan untuk mengelola usaha ini. Karena pada dasarnya antara halal dan haram sudah jelas batasnya.

Contoh usaha bumdes yang sudah berhasil diantaranya adalah ponggok dan panggungharjo. Dalam setiap usaha tentunya memerlukan perencanaan yang matang. Sebaiknya disusun dalam sebuah blueprint yang jelas serta ditentukan target yang jelas. Semua wajib hukumnya untuk memiliki bisnis plan bumdes atau rencana usaha bumdes. Kita jelas tahu kegagalan awal dalam memulai usaha adalah kegagalan dalam merencanakan usaha.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>