Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR

Sebagai anggota dewan yang terhormat butuh memiliki kompetensi sebagai anggota dewan dalam menjalankan tugasnya. Berbagai macam latar belakang pendidikan yang kadang tidak sama. Maka wajib bagi anggota dewan sebelum menjalankan ketugasannya mendapat pelatihan yang sesuai. Dalam pelatihan ini, difokuskun pada Diklat / Bimtek yang ditujukan supaya peran lembaga demokrasi ini mampu menghimpun bagian-bagian politik dalam pemenang Pemilihan Umum, DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota, Kabupaten maupun Provinsi mempunyai peran dan fungsi yang sa­ngat strategis sekali. Berawal dari melakukan pengumpulan aspirasi kons­­tituen untuk mekanisme legislasi pada tingkat parlemen, serta membuat lembaga ekse­kutif daerah supaya menghasilkan kebi­jakan publik yang bisa me­nse­jahterakan masya­­rakat dan parti­sipatif, sampai dengan mengawal implementasi kebijakan dalam lapangan.

Selain hal tersebut anggota dewan harus memiliki skill / kemampuan secara personal dalam service excellent, negosiasi, fasilitasi dan lain-lain. Suksesnya DPRD untuk menjalankan fungsi serta peran, tidak saja ditentukan dalam kewenangan formal yang dipunyai oleh DPRD dalam bentuk lembaga, akan tetapi yang sangat penting sekali ialah kompetensi dan kapa­sitas dari setiap orang personal dari masing-masing anggota dewan.

Proses Pemilihan Umum (Pemilu), dalam normatif bisa jadi sukses membuat wakil rakyat yang mampu memenuhi kualifikasi keterwakilan serta mempunyai akseptabilitas. Akan tetapi, faktor popu­laritas karena pencitraan serta kuatnya masyarakat yang mendukung tidak selalu seimbang dengan kompe­tensi maupun kapasitas anggota dewan di dalam melaksanakan tugas, pokok serta fungsinya dalam mengemban amanah anggota DPRD.

Dalam waktu cepat, era otonomi diawali oleh tingginya tingkat perubahan yang berhubungan dengan sistem pe­nye­lenggaraan sistem peme­rintahan di setiap Daerah, maka dari itu masing-masing anggota DPRD memiliki tuntutan agar secara terus menerus meningkatkan penge­tahuannya. Dalam waktu yang bersamaan, terjadi juga perubahan dalam lingkungan rakyat yang sangat dinamis, maka dibutuhkan juga peningkatan kapa­sitas masing-masing anggota DPRD untuk mengelola serta me­nyerap aspirasi konstituen, harapannya adalah tidak ada gangguan keseimbang­an, antara lembaga penyelenggara peme­rintahan baik di tingkat daerah ataupun kebijakan pemerintah daerah serta kebijakan pemerintah pusat.

Tujuan Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR

 

  • Memberikan pemahaman kepada peserta menyang­kut ruang-lingkup kewenangan, tugas pokok dan fung­si, serta hak dan kewajiban sebagai Anggota DPRD.
  • Membekali peserta dengan  kemampuan teknis di bidang legislasi, budgeting, dan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan lembaga eksekutif daerah.
  • Membuka cakrawala pandang peserta terhadap meka­nisme, sistem, norma, dan etika penyeleng­garaan peme­rintahan di dae­rah, disertai rangkaian studi kasus yang inspiratif dan bermanfaat dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Anggota DPRD.
  • Mengasah kepekaan peserta dalam menangkap aspirasi kons­tituen dan meng­artiku­lasikannya ke dalam mekanisme, sistem, norma, dan etika  kelem­bagaan DPRD, sehingga mampu mening­kat­kan kepercayaan publik terhadap kinerja kelembagaan DPRD.

Pelatihan “Penguatan Kapasitas dan Kompetensi Anggota DPRD” diperuntukkan bagi Anggota DPRD Kabupaten/ Kota dan atau Propinsi di seluruh Indonesia, baik secara ber­kelompok maupun per­orangan, dengan spesifikasi, sbb :

  • Kelas Lintas Fraksi/ Lintas Partai. Peserta adalah kelompok anggota DPRD dari satu kabu­pa­ten/ kota dan atau propinsi tertentu, yang berasal dari bebera­pa fraksi/ partai.
  • Kelas Lintas Kabupaten/ Kota dan atau Propinsi. Peserta adalah kelompok anggota DPRD dari satu fraksi/ partai politik tertentu, yang berasal dari beberapa kabu­paten/ kota dan atau propinsi.
  • Kelas Regular Nasional. Peserta adalah perorangan anggota DPRD yang berasal dari berbagai fraksi/ partai politik di berbagai kabu­paten/ kota dan atau propinsi.

Paket pelatihan “Penguatan Kapasitas dan Kom­petensi Anggota DPRD” didesain dengan durasi waktu antara 2 s/d 3 hari, dengan jumlah materi 7 s/d 8 topik, meliputi materi spesifik, materi standar, dan materi penunjang. Kecuali kelas regular nasional, tempat pela­tihan bisa ber­langsung di masing-masing daerah atau di luar daerah/ ibukota, sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Materi yang diberikan terdiri dari materi spesifik sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah, materi standar untuk semua daerah, serta diskusi pendalaman untuk keseluruhan materi, dengan garis besar sbb :

Materi Spesifik/ Keynote Speech Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR

Penyajian materi spesifik disesuaikan dengan spesifikasi kelas pelatihan, dengan rincian sbb:

  1. Tinjauan terhadap Peta Situasi dan Kondisi Sosial Po­litik Lokal yang Krusial dan Perlu Menjadi Perhatian Anggota DPRD. Materi ini merupakan topik  khusus untuk kelas pe­la­tihan dengan peserta anggota DPRD dari satu kabu­paten/ kota dan atau propinsi tertentu, yang berasal dari beberapa fraksi/ partai, disajikan oleh Instruktur/ Narasumber tokoh masyarakat/ aka­demisi yang benar-benar menguasai peta situasi dan kondisi sosial politik di daerah ber­sangkutan.
  2. Mekanisme Fraksi di DPRD sebagai Saluran Aspirasi Par­tai di Parlemen. Materi ini merupakan topik  khusus untuk kelas pelatihan dengan peserta anggota DPRD dari satu fraksi/ partai tertentu, yang berasal dari beberapa kabu­paten/ kota dan atau propinsi, disajikan oleh Instruktur/ Narasumber  tokoh partai/ akademisi yang benar-benar menguasai agenda perjuangan partai dan mekanisme kerja fraksi di Parlemen.
  3. Tinjauan terhadap Peta Situasi dan Kondisi Sosial Po­litik Nasional dan Kaitannya dengan Agenda DPRD di Tingkat Lokal. Materi ini merupakan topik khusus untuk kelas pe­­latihan dengan peserta anggota DPRD lintas kabu­paten/ kota dan atau propinsi tertentu, yang berasal dari lintas fraksi/ partai, disajikan oleh Instruktur/ Narasumber dari lembaga tinggi negara/ kemen­terian terkait dan atau  akademisi yang benar-benar menguasai peta situasi dan kondisi sosial politik nasional yang berhimpitan dengan isyu-isyu lokal.

Materi Standard Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR

  1. Ruang-lingkup kewenangan, tugas pokok dan fungsi, serta hak dan  Kewajiban DPRD. Materi ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan normatif tentang ruang-lingkup kewe­nangan, tugas pokok dan fungsi, serta hak dan  kewajiban kelembagaan DPRD sebagai unsur penye­leng­gara peme­rintahan di Daerah.
  2. Kedudukan DPRD dalam Sistem Tata-kelola Peme­rintahan Daerah. Penyajian materi ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan tentang kelembagaan  DPRD sebagai bagian dari unsur penye­lenggara pemerintahan daerah,  dan kaitannya dengan unsur penyelenggara pemerintahan daerah lainnya (pemerintah daerah dan perangkat-perangkatnya) dalam sistem tata-kelola pemerintahan daerah menurut aturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Teknik Penyusunan Legis­lasi Daerah. Penyajian materi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi peserta di dalam menja­lankan fungsi legislasi, melalui pembekalan pengeta­huan tentang  hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan di dalam teknis penyusunan Peraturan Daerah (Perda), meka­nisme dan prosedur, serta implementasi pelaksa­na­an di lapangan.
  4. Teknik Penyusunan APBD Berbasis Kinerja. Penyajian materi ini bertujuan untuk meningkatkan kapa­sitas dan kompetensi peserta di dalam menjalankan fungsi budgeting, melalui pembekalan pengetahuan tentang  hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan di dalam teknis penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.
  5. Perencanaan Pembangunan Daerah dan Meka­nisme Penga­wasan DPRD terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Penyajian materi ini bertujuan untuk meningkat­kan kapa­sitas dan kompetensi peserta di dalam mengidentifikasi kebutuhan pemba­ngunan, menentukan skala prioritas, menjabarkan dalam peren­canaan dan program pemba­ngunan, serta mengawasi kinerja pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan sesuai perencanaan.
  6. Public Speaking dan Personal Branding. Penyajian materi ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan peserta sebagai pembicara pada forum terbuka mau­pun tertutup, diperkaya dengan kiat dan seni untuk menjadi tokoh politik dengan pribadi yang mempesona publik.

pelatihan anggota dpr service excellent negosiasi bidang pengkajian bidang pemberdayaan personal branding

Metode Pelaksanaan Pelatihan Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR

PPelatihan Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR membutuhkan tingkat interaksi yang tinggi dengan tujuan setiap materi langsung dapat menjadi bahan diskusi.

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Studi case
  • Brain storming
  • Ice breaking
  • Simulasi
  • Dll

Peserta Pelatihan Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR

Staff, Foreman, Supervisor yang ingin mengembangkan kemampuan dalam melakukan analisa data, dan pemecahan masalah. Biaya Pelatihan Ecobrick Pengolahan Sampah On Call Fasilitas:

  • Materi Soft dan Hard Copy,
  • Sertifikat Pelatihan
  • Instruktur yang berpengalaman di bidangnya
  • Ruang kelas di hotel berbintang
  • Flash Disk,
  • Exclusive Traning Kit,
  • Dokumentasi,
  • 2 x Coffee Break dan 1 x lunch
  • Layanan booking hotel
  • Transportasi Antar Jemput (minimal 2 orang dari perusahaan yang sama)*

KETENTUAN PELAKSANAAN Pelatihan Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR

  • Private Training (1-5 Peserta)
  • Regular Training (5-20 Peserta)
  • In House Training (Mulai dari 15 Peserta)

Informasi dan Pendaftaran Pelatihan Diklat Bimtek Pelatihan Anggota DPR

 

Smedev Training Center Jl. Brotojoyo no 3 Perum Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telp/WA :  (0877 345 777 40)

Email : admin@smedev.co.id

Website : smedev.co.id