Masa Persiapan Pensiun merupakan salah satu yang akan dihadapi oleh pegawai baik pegawai swasta maupun pegawai negeri (PNS). Tidak sedikit orang yang kebingungan dalam menghadapi pensiun. Bahkan ada beberapa orang yang tidak menyiapkan pensiun dengan baik, sehingga dimasa tua yang dihadapi masih tetap bekerja mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aktifitas yang akan dihadapi oleh pegawai yang pensiun juga akan jauh berbeda, dimana setelah pensiun aktifitas “santai” akan dihadapi setelah masa sibuk untuk bekerja. Dibutuhkan ketrampilan dalam mengelola waktu sehingga walaupun sudah pensiun maka tetap memiliki hidup yang produktif.

Segalanya akan berubah ketika kita sudah pensiun, manajemen waktu yang baik akan membuat kita terarah serta memiliki hal yang membahagiakan. Ada beberapa pilihan aktifitas yang bisa kita lakukan seperti bersantai ria menunggu masa senja,bersantai ria. Atau berani menghadapi resiko untuk mengambil tantangan baru. Kolonel Sanders adalah salah satu contoh orang produktif dimasa pensiun. Bagaimana tidak, beliau mampu membuat resep yang sangat baik di usia senja, walau sempat banyak ditolak namun beliau terus memperbaiki resep dan terus menawarkan resepnya hingga berhasil membuat resep KFC. Lalu bagaimana dengan anda? Berikut ini tips yang bisa menjadi referensi dalam menghadapi masa persiapan pensiun.

Tips menghadapi masa persiapan pensiun agar tetap produktif di usia senja

  1. Rencanakan keuangan dengan matang.
    Faktor keuangan merupakan hal yang penting dalam menjalani kehidupan. Tidak dipungkiri bahwa walaupun sudah pensiun kita tetap membutuhkan uang dalam menjalani kehidupan kita. Gaji yang kita terima sekarang tidaklah penuh, artinya dari sisi pendapatan kita akan berkurang. Baik berkurang sedikit maupun banyak itu tergantung pada pekerjaan yang sedang kita jalani. Misalkan ada seorang PNS yang tunjangannya lebih besar dari gaji yang didapatkan, maka PNS tersebut hanya akan menerima gaji pokoknya saja tanpa tunjangan. Padahal tunjangan tersebut berlipat-lipat dari gajinya. Hal tersebut akan menimbulkan sebuah permasalahan baru dalam mengelola keuangan. Bagaimana cara mengelola dan merencanakan keuangan dalam menghadapi pensiun, jawabnya adalah jauh-jauh hari sebelum kita pensiun. Jika dalam masa produktif kita bisa mengelola keuangan dengan baik maka kita akan mampu menyiapkan pensiun kita dengan lebih baik. Perencanaan Keuangan ini akan jauh lebih baik manakala kita membagi menjadi 3 apapun penghasilan kita. Misalkan kita punya gaji 3 juta maka kita harus bagi menjadi tiga. Pembagiannya adalah satu juta untuk operasional, satu juta untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, minum, membayar tagihan, hutang kemudian satu juta untuk tabungan hari tua.
  2. Rajin untuk berolah raga dan makanan sehat dan bergizi.
    Tubuh membutuhkan asupan makanan sehat bergizi, makanan harus dijaga agar tubuh seimbang. Hindarilah makan-makanan yang banyak mengandung minyak dan kolesterol tinggi serta gula tinggi. Konsultasikan makanan anda pada ahli gizi untuk memperoleh makanan yang sehat berkualitas agar tubuh anda senantiasa terjaga dan sehat. Olah raga adalah wajib dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, baik kita masih bekerja maupun sudah memasuki masa pensiun. Idealnya dilakukan setiap hari minimal 30 menit. Namun untuk pemula bisa dilakukan minimal 2x per pekan untun menjaga performa tubuh.
  3. Dekatkan diri dengan Sang Pencipta.
    Ketika memasuki usia pensiun, maka kita harus menyadari bahwa umur kita di dunia semakin berkurang bukan semakin bertambah. Dibutuhkan aktifitas untuk bisa mendekat kepada Sang Pencipta. Bagi umat muslim tentunya perbanyak ibadah sunah misalkan sholat malam, serta sholat jama’ah lima waktu di masjid, banyak membaa Al-Qur’an untuk keenangan jiwa. Banyak bersyukur masih diberi kesempatan hidup sampai umur 58/60 tahun. Mempersiapkan bekal untuk menghadapi kematian adalah hal terbaik yang kita lakukan dalam usia senja.
  4. Siapkan investasi mulai dari sekarang.
    Usia produktif merupakan masa paling tepat untuk menyiapkan investasi. Tahan gaya hidup mewah, mengejar prestise, biar kelihatan kaya namun banyak hutang dan cicilan. Hidup kita adalah apa yang kita jalani, bukan apa yang orang lain pikirkan dan lihat. Kebahagiaan sejati adalah terletak pada sejauh mana kita mengelola kegelisahan kita. Banyak tawaran investasi yang mungkin berakhir pada investasi bodong. Banyak orang tertipu oleh oknum MLM investasi menguntungkan, bahkan sekelas direktur maupun pejabat bisa saja tertipu oleh investasi bodong. Maka pahamilah pola investasi yang benar sehingga anda tidak tergoda hanya dengan iming-iming yang sama sekali tidak logis keuntungan dari mana. Money game yang sering ditawarkan hanya kan bertahan beberapa bulan, setelah itu uang pasti hilang. Investasi paling menguntungkan saat ini adalah tanah dan emas. Tanah akan naik seiring waktu walaupun tidak diapa-apakan. Investasi paling cepat dan menguntungkan walaupun modalnya juga besar. Emas walaupun naik turun namun bisa mengamankan aset kita. Berbeda dengan tabungan uang, yang kadang kita akan ambil ketika kita memerlukannya. Emas ini investasi jangka panjang yang bisa kita lakukan. Jika ada uang lebih maka kita bisa investasikan ke emas baik disimpan sendiri maupun dititipkan di lokasi yang aman. Hindari pola investasi dengan mencicil emas, karena hal tersebut akan membuat bebanbaru dalam hidup kita.
  5. Belajar untuk mengelola usaha.
    Usaha yang baik adalah usaha yang dijalanakan, bukan hanya sekedar direncanaan atau diangan-angankan. Mengelola usaha adalah sebuah ketrampilan yang harus senantiasa diasah. Bagaimana caranya, caranya adalah dengan memiliki usaha sampingan yang bisa dikerjakan walaupun kita sedang bekerja. Sesibuk apapun pekerjaan kita, tentunya ada waktu senggang yang kita miliki. Waktu tersebut bisa kita manfaatkan untuk mengelola usaha. Baik usaha yang kita kerjakan sendiri atau usaha yang dikerjakan oleh orang lain. Usaha yang mudah untuk dilakukan oleh orang kantoran adalah bisnis online. Manajemen usaha secara singkat ada beberapa yaitu manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen operasional. Perlu waktu khusus untuk dipelajari, dan waktu terbaik untuk mempelajarinya adalah ketika kita menjalankan usaha walaupun hanya usaha sampingan.
  6. Dekatkan diri pada keluarga tercinta.
    Keluarga adalah hal paling penting dalam hidup kita. Ketika kita bekerjapun salah satu alasan terkuat adalah untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Waktu pensiun adalah waktu dimana kita bisa lebih dekat dengan istri, anak dan cucu kita. Jika saat bekerja kita lebih dekat pada pekerjaan yang kita lakukan, maka masa ini kita harus luangkan waktu lebih banyak untuk keluarga yang amat sangat kita cintai.
  7. Selalu berfikir positif.
    Kita adalah apa yang kita pikirkan. Jika kita senantiasa berfikiran positif maka yang akan kita hadapi adalah hal yang positif juga. Ada guru saya mengatakan bahwa beliau pernah menghadapi kesulitan yang sangat berat, namun beliau tetap berfikir positif. Apa yang dia dapatkan adalah jalan keluar yang begitu briliant. Ketika mendirikan Sekolah Tinggi beliau memiliki masalah kekurangan dosen yang banyak. Dan beliau harus menyiapkan dosen yang cukup banyak dalam waktu hitungan jam. Maka sat itu beliau memiliki sikap mental positif, diam sejenak kemudian sholat.  Selesai sholat beliau mendapatkan jalan keluar untuk menghubungi teman S2 melalui buku alumni dan akhirnya beliau mampu memenuhi kualifikasi dosen yang banyak tersebut. kata kuncinya adalah sikap mental positif. Apalagi ketika menghadapi masa pensiun, maka kita harus senantiasa berfikir positif dalam segala hal. Untuk mendapatkan sikap mental ini perlu diasah dan dilatih dalam hidup kita.

Pensiun harus disiapkan dengan matang untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan. Jika masih belum lengkap penjelasannya maka bisa mengikuti pelatihan masa persiapan pensiun yang kami adakan.

Smedev Training Center
Pelatihan Masa Persiapan Pensiun
Kontak WA 0877 345 777 40