Modul pelatihan BUMDES merupakan blue print penting dalam menyusun pelatihan BUMDES secara berkesimanbungan dan menyeluruh. Dengan adanya modul ini baik peserta, panitia maupun narasumber akan jauh lebih mudah dalam menyelenggarakan Pelatihan BUMDES. Tentu dengan adanya pelatihan pasti membutuhkan modul yang sangat komperehensif dan bagus. Kami mampu mebuat modul Pelatihan BUMDES dengan bagus dan menarik. Pemetaan masalah sangat diperlukan dalam membuat modul pelatihan bumdes, terutama kebutuhan pelatihan bumdes. Seringkali TOR Pelatihan BUMDES digunakan dalam menyusun modul. Akan jauh lebih bagus ketika kombinasi antara TOR dan Modul. TOR pelatihan BUMDES yang akan menggambarkan secara singkat tentang pelatihannya, sedangkan modul adalah pegangan peserta dalam mengikuti pelatihan BUMDES.

Secara umum modul pelatihan BUMDES terbagi menjadi tiga bagian. bagian pertama adalah Mindset BUMDES, bagian ini membahas tentang bagaimana seharusnya BUMDES ini dijalankan oleh orang-orangn yang memiliki kapasitas serta memiliki visi yang bagus. Sekali lagi SDM yang unggul adalah aset terbaik dalam menjalankan bisnis BUMDES. Midset ini membahas motivasi, cara pandang, perubahan jiwa wirausaha melalui BUMDES. Orang yang belum memiliki jiwa wirausaha, akan sangat sulit dalam menjalankan usaha melalui BUMDES. Maka mindset BUMDES ini harus dibentuk agar BUMDES dapat berjalan dengan baik. Seeorang yang tidak punya pengetahuan dan mindset wirausaha harus dibentuk dan ditumbuhkan mindsetnya sesuai dengan tuntutan pengelolaan BUMDES.

Modul Pelatihan BUMDES Badan Usaha Milik Desa bagian Ketiga

Bagian kedua modul pelatihan BUMDES merupakan skillset yang harus dimiliki oleh pengelola BUMDES. Skillset termasuk tentang bagaimana cara pengelolaan BUMDES yang bagus baik dari sisi manajemen, sumber daya manusia, produksi, keuangan. pemasaran, teknologi. Kami memisahkan teknologi disini dalam rangka untuk menunjang daya saing BUMDES. Dewasa ini teknologi berkembang sangat begitu cepat, sehingga mau tidak mau BUMDES sebagai entitas usaha harus mengadopsi teknologi agar memiliki daya saing yang unggul untuk memenangkan kompetisi di dunia usaha yang sangat ketat. Bagian ketiga adalah action set atau serring disebut dengan tools BUMDES. Tools ini merupakan alat ukur dan evaluasi agar perjalanan manajemen BUMDES menuju visi dan misinya tercapai dengan baik. Manakala belum tercapai apa yang harus dilakukan, dan jika sudah mencapai target bagaimana agar target tersebut dipertahankan dan ditingkatkan ke arah yang lebih baik. Demikian pembahasan tentang modul pelatihan BUMDES, semoga mampu menginspirasi kita dalam pengembangan ekonomi desa melalui BUMDES.

Jika anda memerlukan modul pelatihan badan usaha milik desa BUMDES diharapkan untuk mengikuti Pelatihan BUMDES yang kami adakan. Untuk proposal pelatihan BUMDES bisa request pada kami.
SMEDEV Training Center. Telfon / WA 0877-345-777-40