Pelatihan BUMDES di Kecamatan Minggir dilaksanakan pada hari selasa, 19 September 2017 di balai kecamatan Minggir Sleman, Yogyakarta. Dalam pelatihan tersebut hadir konsultan dari tim SMEDEV Training Coaching Consulting untuk memberikan pemahaman yang utuh tentang bagaimana usaha desa bisa dikelola sehingga mampu membuat masyarakat sejahtera jgususnya masyarakat yang tinggal di pedesaaan.

Sesi pertama membahas btentang motivasi kewirausahaan. Peserta diberikan bekal tentang bagaimana cara memulai usaha dengan baik termasuk menseting mindset yang dimiliki oleh masyarakat desa. Pelatihan BUMDES ini mendapat antusias yang bagus karena ternyata pihak kecamatan banyak menolak calon peserta karena kuota yang terbatas. Masyarakat kecamatan minggir sangat terkenal dengan kerajinan mendong. Maka potensi yang besar itulah yang bisa didorong oleh tim kami dalam membentuk BUMDES yang bergerak dalam perdagangan kerajinan mendong.

Potensi kecamatan minggir tentang kerajinan mendong ini sudah lama diketahui leh banyak orang, namun belum ada gagasan BUMDES dalam rangka menyatukan pengrajin mendong ini dalam satu wadah BUMDES. Jika BUMDES ini dijalankan dengan baik maka warga masyarakat khususnya kecamatan mendong akan kuat dalam mengembangkan kerajinan mendong yang telah lama diwariskan oleh para pendahulu-pendahulu.

Pelatihan BUMDES di Kecamatan Minggir merupakan pelatihan yang pertama kali diadakan oleh pemerintah kecamatan minggir. Pemerintah desa juga sangat suport dan mendukung terbentuknya BUMDES perdagangan pemasaran kerajinan mendong. Selain sebagai media promosi juga sebagai media komunikasi dalam meningkatkan kualitas produk dan inovasi produk. Butuh pelatihan BUMDES agar masyarakat mengetahui dan faham tentang tata cara dalam mendirikan BUMDES serta termotivasi untuk bisa aktif bergerak dalam BUMDES yang akan didirikan nanti.

Pelatihan BUMDES di Kecamatan Minggir ini sebagai jawaban bahwa pemerintah desa berkomitmen terhadap perkembangan BUMDES dan terus berupaya mendorong perekonomian desa melalui BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Semangat yang tidak pernah menyerah dari perangkat desa, serta ketlatenan masyarakat dalam menjalankan prinsip bisnis yang baik untuk BUMDES, maka bukan tidak mungkin bahwa Desa akan menggerakan roda perekonomian negara. Sehingga semua orang akan melihat bahwa desa merupakan faktor penting dalam memperkuat kedaulatan bangsa di bidang ekonomi.

Pemerintah telah mengucurkan banyak dana untuk desa, alokasi yang tepat adalah menggunakan sebagian dana desa untuk mempercepat pertumbuhan BUMDES sehingga BUMDES bisa lebih cepat berkembang dan mendapatkan tempat di hati masyarakat. Tidak perlu bingung menggunakan dana desa yang banyak , alokasikan sebagian untuk mendorong tumbuh kembang BUMDES secara mandiri dan berdaulat.

Bergabunglah bersama kami dalam Pelatihan BUMDES bersama SMEDEV Training Center WA 087734555540

Pelatihan BUMDES di Kecamatan Minggir