Pelatihan BUMDES di Kecamatan Tepus Gunung Kidul berlangsung dengan baik dan antusias. Kegiatan ini diikuti oleh 120 Orang dari kecamatan tepus. Pembukaan dihadiri oleh Drs Tri Saktiyana M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi UMKM Daerah istimewa Yogyakarta sekaligus membuka acara desapreneur. Tampil sebagai moderator Firsanedi SH selaku Kepala Seksi Produktivitas dan Pemasaran Bidang UMKM. Camat Tepus R. Aziz Budiarto S.Sos menyampaikan bahwa Desa memiliki potensi yang sangat besar dalam hal kewirausahaan. Pihaknya akan membentuk BUMDES pada tahun ini. Pelatihan BUMDES di Kecamatan Tepus sangat diperlukan untuk membuka wawasan dan pengetahuan masyarakat desa agar mampu menjalankan dan mengelola BUMDES secara profesional. Setidaknya desa memiliki program untuk memajukan desanya melalui gerakan kewirausahaan.

Pihak kecamatan Tepus sangat antusias dengan adanya Pelatihan BUMDES di Kecamatan Tepus Gunung Kidul. Kecamatan telah memiliki infrastruktur yang baik dalam hal  untuk akses internet yang sangat bagus , bahkan kecepatan internet di kecamatan tepus sangat cepat. Potensi Desa Tepus memiliki pengrajin tas yang sangat luar biasa di dalam mebuat tas. Baik tas seminar, tas batik, tas sekolah maupun tas fashion yang lagi ngetren saat ini. Kualitas produk yang dimiliki oleh pengrajin bisa dibilang tidak kalah dari yang ada dipasaran. Jahitannya sangat rapi serta bahan yang digunakan sangat bagus Namun dalam perjalanannya keahlian membuat tas tersebut belum diimbangi dengan pemasaran yang bagus. Mereka hanya sekedar membuat tas saja. Solusi yang dapat ditawarkan adalah membuat BUMDES type Pemasaran baik Offline maupun Online.

Pelatihan BUMDES di Kecamatan Tepus Gunung Kidul memberikan wawasan bahwa perlu adanya kelompok yang bisa memasarkan secara online. Digitalisasi Bisnis saat ini telah menyentuh ke barbagai lapisan masyarakat. Tidak hanya anak muda saja yang harus belajar digital namun oirang tua harus melek digital juga. Pelatihan Digitalisasi Bisnis sangat diperlukan guna menumbuhkembangkan pemasaran berbasis online. Masyarakat atau pengrajin tidak perlu repot memasarkan jika ada sekelompok orang yang konsen dalam bidang pemasaran tas. BUMDES memiliki peranan penting untuk memasarkan produk para pegrajin di Daerah Gunung Kidul terutama kecamatan Tepus. Setelah tahapan Pelatihan BUMDES di Kecamatan Tepus ini diharapkan warga masyarakat terbuka tentang pentingnya Mendirikan BUMDES serta memanajemen BUMDES dengan lebih serius lagi. Sehingga diharapkan warga kecamatan tepus tidak perlu susah susah mencari pekerjaan di wilayah lain.

Pelatihan Masyarakat Desa Usaha

Pelatihan Bumdes di Karang Tengah Tepus

Pelatihan BUMDES di Kecamatan Tepus Gunung Kidul

SMEDEV Training Coching Consulting

Telfon WA 087734577740