Pelatihan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Merupakan pelatihan yang dirancang khusus untuk pembentukan dan pengembangan Manajemen BUMDES (Badan Usaha Milik Desa).

Seringkali ada yang bingung ketika diminta untuk membuat BUMDES. Namun, jika kita melihat jauh lebih dekat sebenarnya BUMDES adalah sebuah badan usaha yang dijalankan oleh desa. Pada intinya tetap yang menjadi aktifitas utamanya adalah bisnis atau usaha yang tujuannya adalahmendapatkan keuntungan.

Kami memahami untuk membuat BUMDES sesuai dengan tujuannya tidaklah semudah menjalankan bisnis biasa. Butuh skill dan pengetahuan tentang bagaimana mengelola BUMDES sehingga bisa berjalan dengan baik dan optimal. Kami membagi fase BUMDES menjadi tiga tahapan.

Pertama tahap inisiasi BUMDES. Pada tahapan ini butuh peran antara pejabat pemerintah desa dengan masyarakat desa. Padatahap ini sangatlah penting karena akan memetakan kondisi masyarakat desa serta potensi apa saja yang bisa dikembangkan oleh desa. Kondisi masyarakat desa tentunya sangat beragam, mulai dari segi finansial,cara berfikir, maupun tingkat pendidikan. Potensi desa juga sangat beragam. Ada desa yang memiliki Sumber Daya Alam yang bagus untuk dikembangkan ada pula yang tidak memiliki SDA yang bisa dikembangkan. Bisa kita contohkan sebuah masyarakat desa yang memiliki daerah yang indah dan menarik, hal tersebut tentunya bisa menjadi salah satu potensi untuk mengembangkan desa wisata.

Pelatihan BUMDES Desa membutuhkan

Pelatihan BUMDES di Kecamatan Tepus

Pelatihan BUMDES yang kami adakan mengajarkan BUMDES untuk bisa membuat dan mengembangkan BUMDES dengan baik dan survive. Jika anda masih belum bisa memulai tahap inisiasi kami sangat menyarakan anda untuk mengikuti pelatihan BUMDES yang kami programkan.

Kedua tahap pembentukan BUMDES, setelah menginisiasi maka tahap selanjutnya adalah pembentukan BUMDES. Memilih usaha yang dijalankan oleh BUMDES serta kelembagaannya adalah sangat krusial karena akan menentukan tahapan-tahapan selanjutnya. BUMDES bisa berbentuk Koperasi maupun CV. Rekomendasi dalam proses kelembagaan adalahlebih mengarah ke koperasi yang dikelola secara profesional. Namun, untuk tahap awal kelembagaan BUMDES bisa dilakukan setelah usaha itu berjalan. Usaha tersebut akan menemukan bentuknya.

Ketiga Tahap Pengembangan BUMDES, BUMDES yang baik adalah representasi bisnis yang baik. Dimana bisnis yang baik adalah bisnis yang memperhatikan aspek Produk, Pasar, SDM, dan Keuangan.

Detail Pelatihan BUMDES

Nama Pelatihan :

Pelatihan Manajemen BUMDES (Badan Usaha Milik Desa)

Tema Pelatihan :

“Cara Mudah Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan BUMDESA”

Tujuan Pelatihan BUMDES:

  1. Memberikan pemahaman tentang cara mendirikan dan mengelola BUMDES
  2. Memberikan cara praktis pengelolaan BUMDES
  3. Memberikan cara mudah mengembangkan BUMDES dengan baik.

Materi Pelatihan Manajemen BUMDES

  1. Kebijakan dan Regulasi BUMDESA
  2. Memetakan kondisi dan potensi desa
  3. Membuat Grand Design BUMDES
  4. Memetakan BUMDES dengan Bisnis Model Canvas
  5. Membuat Bisnis Plan BUMDES
  6. Pengembangan Produk BUMDES
  7. Pemasaran dan branding Produk BUMDES
  8. Manajemen Keuangan Sederhana untuk BUMDES
  9. Digitalisasi BUMDES
  10. Best Practise pengembangan BUMDESA

Peserta Pelatihan BUMDESA :

  1. Perangkat Desa
  2. Masyarakat Desa
  3. Pendamping desa
  4. Para pengurus BUMDesa
  5. Akademisi / Konsultan

Metode

  1. Ceramah
  2. Simulasi
  3. Diskusi
  4. Kunjungan Lapangan

Durasi              : 3 hari

Pemateri          : Tim Ahli Pengembangan BUMDESA

Lokasi             : Yogyakarta (By Request)

Biaya               : hubungi kami untuk mendapat harga terbaik

 

SMEDEV Training Center

WA Telfon : 087734577740

Jalan Brotojoyo no 3, Perum Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta