PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

Pelatihan dan Pengembangan SDM sangat rutin kita jumpai di dunia kerja, organisasi, perusahaan, lembaga, maupun sebuah instansi pendidikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan merupakan hal terpenting untuk tenaga kerja agar mampu bekerja dengan baik dan dan mampu menguasai tugasn maupun peranan kepada pekerjaan yang dijalankan maupun yang akan dijalankan. Kita ambil contoh terdekat dalam institusi pendidikan bahwa pelatihan dan pengembangan SDM sangat sering diselenggarakan sebagai cara untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan maupun dosen yang dipandang belum cukup mampu dalam mengemban amanah pekerjaannya dimungkinkan karena perkembangan tentang kebutuhan orang dalam dunia pendidikan. Potensi pekerja secara pendidikan atau administrasi tentunya telah memiliki kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan, akan tetapi secara kekinian pekerja harus mengimabni dan mengikuti perkembangan tingkat pendidikan yang disesuaikan dengan tugas job description yang diamanahkan atau yang akan diemban. Dengan memfasilitasi para pekerja untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan SDM yang berkualitas tentunya perusahaan akan diuntungkan dengan memiliki tenaga profesional.

Training atau Pelatihan SDM merupakan rangkaian pendidikan dalam jangka tertentu yang memakai prosedur terorganisir dan sistematis sehingga pekerja non manajerial mampu mempelajari keterampilan teknis serta pengetahuan untuk suatu tujuan. Pengembangan SDM (development) adalah fungsi operaasional ke-2 dari manajemen SDM, pengembangan SDM baru maupun lama wajib dilakukan secara berkesinambungan dan terencana. Program / Pelatihan pengembangan SDM karywan harus disusun dengan cermat serta berdasar pada metode ilmiah, sistematis, serta mengacu pada skill ataupun ketrampilan yang benar-benar dibutuhkan oleh suatu instanbsi atau saat ini serta merencanakan masa depan. Setiap SDM perusahaan maupun intansi dituntut untuk mampu melakukan pekerjaan secara berkualitas, efisien, efektif, efisien, serta memiliki kuantitas pekerjaan tinggi sehingga perusahaan atau instansi memiliki daya saing tinggi.

Program pelatihan SDM dan pendidikan SDM adalah cara dalam pengembangan SDM, diantaranya adalah untuk pengembangan skill / kemampuan kepribadian dan intelektual. Pendidikan ini sangat berkaitan dengan bagaimana cara mempersiapkan SDM yang akan dikaryakan oleh suatu instansi, perusahaan maupun organisasi. Pelatihan SDM sangat erat berkaitan cara untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan SDM / pekerja yang sudah bekerja dan menduduki atau menempati posisi tertentu dalam perusahaan. dalam pelatihan dan pendidikan SDM, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah need assessment (analisis kebutuhan),meliputi tiga bahasan yaitu : analisis organisasi, pekerjaan, serta pribadi”.

Program / Taining pelatihan dan pengembangan SDM adalah sesuatu yang berkaitan dengan perencanaan usaha yang diadakan dalam rangka kepemilikan pengetahuan, skill, serta atitute anggota organisasi atau pekerja. Pengembangan SDM menitikberatkan pada peningkatan skill serta kemampuan untuk pengambilan kebijakan seta membangun jaringan hubungan dengan manusia (human networking) bagi level manajemen tingkat menengah serta tingkat atas. Sedangkan sasaran pelatihan SDM adalah karyawan di level pelaksana / Teknis. Dengan adanya program ini maka diharapkan pegawai mampu menjalankan tanggung jawab serta semakin terampil mengelola pekerjaan sesuai dengan SOP (Standard Operational Procedure).

Kesimpulannya adalah pelatihan dan pengembangan SDM merupakan Sebuah upaya dalam rangka meningkatkan kapasitas karyawan SDM supaya mampu menjadi SDM berkualitas tinggi baik dari keterampilan bekerja, pengetahuan, professionalisme tinggi dalam menjalankan pekrjaan supaya mampu meningkatkan skill kemampuan dalam rangka mencapai visi misi tujuan perusahaan.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM

  1. Profesionalisme Karyawan Semakin meningkat
  2. Membekali kemampuan skill yang tinggi dalam melakukan tugas yang diemban.
  3. Mampu menggunakan teknologi serta memanfaatkan secara optimal demi kemajuan perusahaan
  4. Motivasi SDM agar sesuai dengan Visi Misi Perusahaan
  5. Memangkas waktu belajar SDM agar menjadi SDM yang memiliki kompetensi tinggi.
  6. Membantu menganalisa memetakan serta memecahkan persoalan teknis dan operasional.

METODE PELATIHAN dan PENGEMBANGAN SDM

  1. Presentasi
  2. Workshop
  3. Aktif Diskusi
  4. Case Study / Studi Kasus

Siapa Yang Perlu Mengikuti Pelatihan dan Pengembangan SDM?

  1. Karyawan Perusahaan / Instansi
  2. Manajer
  3. Direktur Perusahaan

Jadwal Pelatihan dan Pengembangan SDM? bisa disesuaikan dengan Permintaan (Inhouse Training)

Investasi Pelatihan Rp. 5.000.000,- / Orang ( Include Souvenir,  hand-out materi, flask disk, makan siang 2x coffee break dan sertifikat )

SMEDEV Training Center

Telfon WA 087734577740

annassetiawanp@gmail.com