Lhokseumawe, 24 Mei 2018 Sebanyak 59 Pelaku UMKM Sektor Industri Kreatif mengikuti Pelatihan Packaging Produk Kreatif yang diadakan oleh Bank Indonesia Cabang Lhokseumawe Aceh. Sebagai Narasumber hadir Tim Trainer Smedev Training Center yaitu Nurul Indah Khasanah, S.T yang membawakan materi Packaging. Industri kreatif sangat potensial di era teknologi sekarang. Banyak bermunculan industri kreatif namun mereka terkadang kurang faham tentang bagaimana mengemas produk agar bisa bersaing dengan produk yang lain.

Fungsi kemasan produk diantaranya adalah untuk meningkatkan daya saing, dengan kemasan yang baik maka barang akan bisa bersaing dengan produk yanglain. Karena keputusan orang untuk membeli sebuah produk pertama kali dilihat dari bungkusnya atau kemasannya. Selain itu kemasan juga sebagai sarana untuk menaikkan harga barang. Barang yang dijual curah atau kiloan tentunya akan sangat mudah jika dibandingkan dengan barang yang sudah memiliki kemasan yang bagus. Kemasan yang baik menarik juga akan membuat produk kita bernilai tinggi.

Peserta pelatihan packaging produk kreatif foto bersama Tim Trainer SMedev Training Center Memberikan pelatihan pacakaging

Fungsi selanjutnya adalah memperpanjang usia produk, yaitu melindungi produk dari cuaca yang kurang bersahabat sehingga produk lebih awet atau tahan lama. Produk yang tidak memiliki kemasan akan sangat mudah basi kalau produk tersebut adalah makanan, jika non makanan maka pasti cepat rusak. Selain itu untuk mengirim produk khususnya yang jualan online akan sangat menentukan barang bisa slamat sampai ke tangan konsumen.

Pelatihan Kemasan Produk Kreatif yang diadakan oleh Bank indonesia Cabang Lhokseumawe Aceh ini sangat bemanfaat dalam membantu pengusaha sektor industri kreatif dalam mengembangkan usahanya. Antusias dalam mengikuti pelatihan sangat bagus karena banyak diskusi yang terjadi selama pelatihan. Untuk mengemas produk kreatif juga dibutuhkan kreatifitas didalamnya. Contoh produk Industri kratif ini diantaranya adalah jilbab, peci, mukena, tas dan lain-lain. Selain packaging secara nyata, sebenarnya packaging selanjutnya juga berbicara tentang bagaimana mengemas produk agar laku dipasaran. Karena kemasan tidak hanya fisik saja tapi juga cara pandang konsumen terhadapa sebuah barang atau jasa. Di Era Zaman Now relatif lebih mudah menggunakan media online untuk memberikan cara pandang terhadap sebuah produk. Hadirnya Internet memudahkan pelaku bisnis dalam mengelola bisnis serta membuat branding produk yang menarik dan akurat. Bagaimana tidak kita bisa menyasar target konsumen mulai dari usia, jenis kelamin, pekrejaan, hobi ataupun sesuai dengan keinginan kita. Packaging produk industri kreatif sangat erat hubungannya dengan cara membuat persepsi sebuah produk menjadi lebih baik di mata konsumen. Untuk mengadakan pelatihan packaging produk kreatif bisa hubungi tim kami.

Pelatihan Packaging Produk Kreatif