Pelatihan Packaging merupakan salah satu pelatihan wajib yang harus diikuti oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Di Era keterbukaan information serta Digitalisasi Bisnis yang berkembang sangat cepat, Para pelaku usaha mikro kecil menengah mau tidak mau harus mengikuti dengan cepat. Tertinggal jauh dari pesaing maka hampir dipastikan akan kalah dalam hal daya saing. Produk yang dilemmas dengan menarik maka Akan membuat produk tersebut mudah dikenal oleh calon konsumen.

Penelitian menunjukkan bahwa jarak konsumen untuk membeli produk 70% dapat ditentukan dari jarak satu meter. Sedangkan 70% warna mempengaruhi konsumen dalam membeli produk.

Pada hari  Jum’at 16 Maret 2018, Smedev Training Center diundang sebagai Narasumber dalam acara Bimbingan Teknis Pengolahan dan Pemasaran Hasil Gula Kelapa kepada Kelompok Tani “Maju Lancar”, Besalen, Glagahharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Dengan membawakan materi ” Teknis Pengemasan/Packaging Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Olahan Gula Kelapa”. Diadakan oleh Dinas Kehutanan Dan Kelautan Provinsi D.I Yogyakarta.

Produk yang dihasilkan dari olahan gula Kelapa oleh Kelompok Tani Maju Lancar adalah gula kelapa / gula jawa atau yang sering disebut dengan gula merah. Bentuk dari gula merah yang diproduksi terbagi menjadi dua yaitu padat dan Kristal.

Secara konsep produk sudah bagus , sedangkan pasar juga sudah mulai terbentuk. Karena hampir semua gula Kelapa yang dihasilkan oleh Kelompok Maju Lancar pasti terjual dengan baik, hal ini tergantung karena banyak pengepul Yang datang ke petani kemudian membeli produkya untuk dijual keembali.

Dengan adanya Pelatihan Packaging Yogyakarta diharapkan Kelompok Tani Maju Lancar dapat memperbaiki kemasan gula kelapa dengan lebih baik dan menarik. Adapun referensi yang bisa dipakai dalam membuat kemasan gula semut diantaranya bisa menggunakan plastik, alumunium foil, kertas. Tergantung kita mau jual kepada siapa gula tersebut. Tentunya akan sangat berbeda kemasannya jika kita jual kepada pengepul atau langsung pada konsumen. Jika target marketnya adalah konsumen langsung yang barangnya akan kita pasarkan di toko ritel modern, maka kemasan wajib untuk menarik pembeli untuk membeli produk.

Pelatihan Packaging / pengemasan produk UMKM adalah salah satu solusi untuk membuat UMKM bisa melek kemasan agar mampu meningkatkan daya beli konsumen serta nilai produk. Selain menarik kita juga bisa menjual produk dengan lebih bernilai tinggi.