Pelatihan Pengolahan Gula Semut

Gula semut atau yang disebut dengan gula kristal merupakan salah satu olahan dari  pohon kelapa atau pohon aren (enau). Kenapa disebut dengan gula semut dikarenakan gula tersebut serupa dengan rumah semut yang bersarang di dalam tanah. Banyak manfaat dari olahan gula semut ini karena gula ini rendah kalori. Kandungan gula semut diantaranya adalah Vitamin A yang berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit dan mata. Vitamin C yang berfungsi dalam mencerahkan kulit serta mencegah sariawan. Protein yangberfungsi sebagai regenerasi sel kulit yang telah rusak.

Ada banyak kandungan terutama senyawa yang ada dalam olahan gula semut ini : Gizi jumlah 386 kalor, Lemak jumlah 3 gram, Air jumlah 10 gram, Fosfor jumlah 37 miligram, Karbonat jumlah 76 gram, Protein jumlah 3 gram, Kalsium jumlah 76 miligram.

Gula semut berasal dari air nira kelapa alami. Yang secara alami memberikan manfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit. Ada 8 manfaat utama yang bisa kita rasakan ketika mengkonsumsi gula semut yaitu mencegah anemia, menambah semangat, mencegah penyait diabetes, menjaga kolesterol agar tetap stabil, melancarkanperedaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, mencegah penyakit stroke, mencegah penyakit asam urat. Dengan banyaknay manfaat dari gula kelapa ini, maka sangat penting untuk diadakan pelatihan pengolahan gula semut atau bisa diadakan pengolahan sejenis gula aren.

Pelatihan Pengolahan Gula Semut

Pelatihan gula semut diharapkan bisa memberikan berbagai macam manfaat yaitu:

  1. Mngetahui tentang dasar pengolahan gula semut
  2. meningkatkan nilai jual olahan gula semut
  3. Meningkatkan kemampuan peserta  dalam pengolahan gula semut  yang menghasilkan rasa yang berfariasi ( misal : cokelat, vanilla, keju,  temu lawak, jahe, kayu manis, kunyit, pandan, secang, sirih.

MATERI

  • Memahami macam-macam pengolahan gula
  • Pengolahan gula semut rasa jahe organik
  • Pengolahan gula semut rasa vanila organik
  • Pengolahan gula semut cengkeh kayu manis organik
  • Membuat kemasan yang menarik olahan gula semut

PESERTA  Pelatihan Pengolahan Gula Semut:

Peserta mulai dari masyarakat umum maupun instansi pemerintah dinas maupun swasta yang ingin memberdayakan masyarakat melalui pengeolahan gula semut.

BIAYA KEGIATAN

On Call

WAKTU

On call

KETENTUAN PELAKSANAAN KEGIATAN

In House Training        : (Mulai dari 15 Peserta)

Regular Training         : (5-20 Peserta)

Private Training           : (1-5 Peserta)

Smedev Training Globalindo
Jl. Brotojoyo no 3 Perum Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta
Telp/WA :  (0877 345 777 40)
Email : admin@smedev.co.id
Website : smedev.co.id