peluang bisnis makanan yang harus diketahui oleh banyak orangPeluang bisnis makanan merupakan salah satu peluang bisnis yang masih sangat strategis. Suatu hari kami pergi dalam perjalanan jauh. Di tengah perjalanan kami lapar, saat itu kami berfikir kami butuh makan. Namun kami tidak tahu daerah tersebut warung makan yang enak, bersih, sehat dan halal berada di sebelah mana, akhirnya kami berhenti pada warung makan di pinggir jalan yang saat itu kami pikir harganya murah kenyang enak dan sehat juga mewah. Namun ternyata kami salah menduga ternyata warung makan yang kami singgah menyajikan hidangan yang kurang enak lagi pula harganya mahal. Sejak saat itu kami bertekad untuk tidak kembali ke warung makan tersebut. Satu hal yang mesti diketahui dalam mengambil peluang bisnis makanan adalah rasa. Jika rasanya enak maka secara otomatis pelanggan akan puas. Banyak kisah sukses pengusaha yang menekuni bisnis makanan, mulai dari makanan ringan maupun makanan berat. Makanan ringan seperti snack jajan pasar camilan. Makanan berat seperti nasi, steak dan masih banyak lagi ragam bisnis makanan.  Jika anda ingin mengetahui peluang bisnis secara menyeluruh maka anda bisa membaca artikel peluang bisnis. Untuk mendapatkan peluang bisnis makanan yang pas untuk anda, maka anda dapat memilih cara berikut ini.

1. Pilihlah Makanan yang Anda Sukai

Suatu perbuatan yang disukai atau dicintai tentu lebih menyenangkan dari pada suatu perbuatan yang tidak kita cintai. Jika ada cinta maka apa pun akan rela dilakukan. Maka kita perlu juga mencintai usaha yang akan kita jalankan tentunya. Pertanyaannya adalah makanan apa yang anda sukai? Jika anda suka makan ketela coba cari bisnis makanan yang berasal dari ketela, contoh nya kita bisa melihat ternyata ketela yang telah diolah menjadi sebuah makan laku juga di pasaran. Mengemas ide peluang bisnis makanan merupakan suatu hal yang sangat menarik untuk kita temukan. Jika anda suka donat, maka kita bisa jadikan ide peluang usaha makanan. Cari tahu pangsa pasar donat kemudian buatlah donat dengan resep yang berkualitas.

2. Pilih makanan yang ada di sekitar kita

Saat keluar rumah menuju kantor atau hanya jalan-jalan ke suatu tempat maka sempat kan melihat-lihat apa makanan yang dijual di sekitar kita. Tentu akan kita temui banyak makanan yang layak kita jadikan peluang usaha makanan. Buatlah daftar makanan apa saja, kemudian pilah dan pilih yang sesuai dengan analisis kita. Jangan mengambil makanan yang tidak ada peminatnya, kecuali kita menyasar pada segmentasi atau kalangan tertentu.

3. Pilih makanan yang banyak diminati

Makanan yang masuk pada semua kalangan. Contohnya adalah gorengan, gorengan bisa masuk dalam semua kalangan, baik bawah menengah maupun segmen atas. Tinggal bagaimana kita mengemas makanan tersebut agar dapat diterima di berbagai kalangan.

4. Pilih makanan yang sehat dan higienis

Makanan sehat dan higienis saat ini sedang dicari oleh banyak orang, bagaimana menentukan makanan yang enak namun tetap sehat dan higienis adalah salah satu penentuan produk yang cukup memerlukan energi yang banyak. Makanan sehat misalkan non MSG, tanpa bahan pengawet kimia, tanpa pewarna kimia, tidak membahayakan kesehatan dalam jangka waktu panjang maupun jangka waktu pendek.

5. Pilih makanan yang halal

Makanan halal selalu dicari oleh seorang muslim. penduduk Indonesia rata-rata muslim. Mereka akan mencari makanan yang halal dan bebas dari zat yang menyebabkan makanan menjadi haram. Salah satu strategi dalam mendapatkan produk halal adalah dengan memiliki sertifikat halal MUI. Tentu untuk sertifikat halal ini tidak bisa didapatkan dengan gratis, namun ada beberapa dinas koperasi dan ukm yang memberikan fasilitas sertifikat halal MUI.