Peluang bisnis online saat ini memang menyajikan beraneka macam cara dan strategi. Dunia sekarang tidak lagi bulat, apakah anda setuju dengan pernyataan tersebut? Dunia sekarang sudah berubah menjadi datar atau flat. Orang bisa mengakses informasi dengan cepat akurat hanya dengan duduk dan berselancar di internet. Bukan hanya dengan laptop atau komputer melainkan dengan gadget smartphone pun kita dapat mengakses informasi di mana saja dan kapan saja kita mau, asalkan terhubung dengan jaringan internet.  Hal ini memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan peluang bisnis dengan memanfaatkan digital media secara online. Namun, bagi kita yang belum mengetahui peluang bisnis online terkadang bingung bagaimana cara memulai bisnis online.

Media dalam bisnis online saat ini bermacam-macam, namun berdasarkan pengalaman kami dari sekian banyak media online hanya ada beberapa media yang kami pandang saat ini masih efektif digunakan untuk bisnis online. Untuk menangkap peluang bisnis online, media yang digunakan antara lain adalah facebook, instagram, BBM, Whats App, Website. Menurut Kominfo indonesia menempati urutan ke 4 pengguna facebook, dalam perjalannya facebook mengakuisisi instagram. Indonesia cukup tinggi dalam hal penggunaan internet yaitu 63 juta pengguna internet indonesia, artinya peluang bisnis online sangat menjanjikan untuk diambil.

modal bisnis tunai dengan online

1. Siapkanlah modal yang dibutuhkan

Bagaimana cara menangkap peluang bisnis di era digital alias online ini? Pertama kita harus faham bagaimana bisnis secara konvensional. Tetap kita harus memiliki modal walaupun tidak banyak, siapkanlah modal tersebut. Modal tidak melulu tentang uang. Siapkan koneksi internet dengan modem atau WIFI, pulsa serta siapkan perelengkapan tempur laptop atau smartphone. Dalam mengelola modal jangan lupa pembukuan dijalankan dengan baik. Pembukuan yang tidak dicatat akan mengakibatkan kerugian pada bisnis yang kita jalani. Tidak akan berkembang bisnis yang tidak dicatat transaksinya.

2. Pilih produk yang pas dihati pelanggan

Pilih buat produk kemudian dijual online atau menjual kan barang milik orang lain? Salah satu aspek penting dalam bisnis adalah produk. Produk yang kita jual akan memengaruhi konsumen. Pilihlah produk yang laku di pasar. Jika ingin cepat untuk awal-awal juallah produk orang lain. Seiring berjalannya waktu peluang bisnis online ini akan menemukan bentuknya. Secara perlahan anda akan mengetahui barang atau produk apa yang laku keras di pasaran. Produksi sendiri sangat disarankan jika sudah banyak penjualan dan susah mencari pasokan barang.

3. Siapkan Sumber Daya Manusia yang Mumpuni

Kita butuh Sumber Daya Manusia dalam memanfaatkan peluang bisnis online. Baik sumber daya untuk mengelola media online yang akan kita pakai, maupun untuk melayani pelanggan. Bisnis online yang sudah bagus biasanya memiliki Costumer Service lebih dari dua. Untuk mengelola pelanggan kita butuh karyawan, sekali lagi respons yang cepat akan memengaruhi seberapa cepat kita akan mendapatkan keuntungan. Jangan lupa ajarkan bagaimana cara teknik closing yang bagus agar konversi penjualannya bagus.

marketing segmentation segmentasi pasar hebat

4. Perjelas Target pasarnya

Peluang bisnis online memiliki segmentasi pasar sendiri, mulai dari umur, jenis kelamin, kebiasaan, hobi, tingkat strata ekonomi, pekerjaan dan masih banyak segmentasi pasarnya. Jangan mengambil bisnis online yang tidak memiliki segmentasi pasar yang jelas. Semakin jelas segmentasi pasarnya maka akan semakin mudah kita menawarkan barang yang kita jual pada pelanggan. Misal segmentasi pasar usia 17-25 tahun, gender wanita, hobi shooping pekerjaan pelajar. nah, jika kita telah menentukan jenis segmentasi pasar tersebut kita bisa pasang iklan sesuai dengan karakter pelanggan yang kita sasar. Strategi pemasaran juga berlaku dalam dunia online.