Persiapan menghadapi masa pensiun pastinya akan dilakukan oleh karyawan maupun pelaku bisnis yang menghendaki untuk pensiun sambil menikmati masa tuanya. Pensiun bukan berarti bersantai ria dan bermalas-malasan. pensiun juga bukan berarti merupakan masa yang tidak produktif lagi, entah dengan alasan lelah bekerja selama puluhan tahun atau enggan untuk melakukan gerakan atau perubahan. Untuk menghadapi masa yang ditunggu atau bahkan masa yang ditakuti tersebut diperlukan persiapan khusus agar kita tidak kaget ketika sudah mendekati masa pensiun.

Persiapan pensiun karyawan swasta tentu tidak sama dengan ASN / PNS dikarenakan mekanisme pensiun yang berbeda, serta ada beberapa hal tentang penggajian pensiunan. Bagi ASN / PNS gaji yang diterima saat pensiun adalah gaji pokok, sedangkan tunjangan tidak diberikan. Hal tersebut akan terjadi kesenjangan besaran dimana saat aktif bekerja terkadang tunjangan lebih besar daripada gaji yang diterima. Maka wajib dipersiapkan untuk menghadapinya. Berbeda dengan pegawai swasta, dimana mekanisme terkadang berbeda-beda. Beberapa perushaan hanya akan memberikan pesangon sekali saja tanpa adanya gaji setelah pensiun. Jika ada karyawan kontrak, maka setelah bekerja dia tidak akan dapat pesangon atau bahkan gaji setelah pensiun. Maka perlu sebuah perencanaan karir yang mantap sehingga tidak terlunta-lunta di masa tua yang berkurang tenaga serta kemampuannya. Apa saja persiapan pensiun serta bagaimana langkah-langkah persiapan pensiun adalah pertanyaan yang harus dijawab dalam artikel ini

Persiapan menghadapi masa pensiun

  1. Merubah mindset
    Penting bagi karyawan yang akan menghadapi pensiun untuk merubah mindset tentang bagaimana menjalani masa pensiun. Banyak yang kaget dengan masa pensiun karena tidak mempersiapkan dengan baik. Tak jarang ditemukan pegawai yang stress karena sudah pensiun dan masih meninggalkan hutang yang tidak sedikit. Stress tersebut dihadapi karena tidak siap mental. Mindset berfikir sehat sangat dibutukan untuk menghindari stress. Untuk merubah mindset tidak semudah membalikkan tangan, butuh latihan serta waktu dalam membangun mindset yang benar untuk menjalani hidup dimasa senja.
  2. Membiasakan hidup sehat
    Hidup sehat merupkan kebutuhan setiap orang. Kesehatan adalah anugerah yang wajib kita syukuri. Tidak sedikit orang yang berada di Rumah Sakit yang sedang terbaring atau dirawat disana. Maka membiasakan untuk hidup sehat adalah cara terbaik dalam menjaga kesehatan. Mencegah tentu jauh lebih baik dibandingkan mengobati. Hidup sehat ini termasuk pola makan, pola istirahat, pola mengolah tubuh agar tetap bugar sehingga di masa pensiun mampu melakukan aktifitas yang produktif.
  3. Menaman Investasi
    Investasi adalah hal yang harus kita lakukan sebelum memasuki masa pensiun. Setelah pensiun tentu penghasilan menurun sedangkan kebutuhan pastinya pasti ada. Maka kita harus bisa memanajemen keuangan salah satunya dengan investasi. Ketika tubuh sudah berkurang maka kemampuan juga berkurang, maka kita harus membuat sistem yang mampu untuk kita andalkan sebagai penghasilan kita. Salah satu contohnya adalah menginvestasikan uang kita ke dalam modal usaha patungan teman atau rekan kita yang sudah berpengalaman dalam bidang bisnis. Tetap ada resiko untung dan rugi, namun investasi ini adalah jalan terbaik ketika tubuh kita sedang dalam kondisi tidak prima lagi.
  4. Membuka bisnis rumahan.
    Bisnis yang diajalankan dari rumah tentu akan sangat menyenangkan. Apalagi dikota anda sudah ada layanan kurir online yang akan menghantarkan produk anda pada calon konsumen. Banyak bisnis dimulai dari rumah bahkan dari garasi. Selain itu usaha rumah juga bisa kita jalankan secara online. Hanya duduk didepan laptop atau menghadpa
  5. Menyiapkan hobi yang positif
    Hobi adalah hal yang harus kita kembangkan, apalagi jika sudah memasuki masa pensiun tentunya waktu luang akan bertambah banyak. Ada beberapa hobi yang bisa kita pilih baik itu menghasilkan atau sekedar menuruti hobi.

Pelatihan Masa Persiapan Pensiun

Smedev Training Center
Telfon WA 0877 345 777 40