Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin cepat membuat alur, metode serta sistem bisnis berubah dengan cepat pula. Bisnis akan tertinggal jika tidak mengikuti perkembangan informasi. Kodak dahulu merupakan merek kamera yang terkenal, bahkan ketika kita ingin pergi ke sebuah tempat kita selalu bilang “Jangan Lupa Bawa Kodaknya”. Transformasi bisnis yang lambat membuat sebuah produk sudah tidak dibutuhkan lagi di masyarakat. Kodak terlambat mentransformasikan bisnis dari manual ke digital, bahkan produk cannon yang saat itu masih baru mampu mengalahkan Kodak karena mampu mentransformasikan manual ke digital dengan cepat. Technopreneurship merupakan bisnis berbasis Teknologi Informasi. Berikut adalah perusahaan

Google Inc merupakan perusahaan yang saat ini berjaya dengan konsep search engine nya. Sergey Birn dan Larry Page merupakan pendiri Google. Google muncul dari disertasi yang dilakukan oleh pendirinya. Saat itu sang pendiri ingin memecahkan permasalahan yaitu bagaimana cara menemukan data yang cepat dan akurat. Permasalahan tersebut dapat dijawab oleh search engine “mesin pencari” yaitu google. Google telah menjadi raksasa bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media penghimpun data dan informasi.

Facebook merupakan aplikasi yang berbasis Teknologi Informasi. Mark Zuckerberg merupakan pendiri dari perusahaan tersebut. Mark menemukan permasalahan yaitu bagaimana menghubungkan orang dalam sebuah jaringan di tempat yang berbeda. Mark yang saat itu kuliah di Harvard University menemukan cara yaitu dengan membuat jejaring sosial melalui media online yaitu facebook. Saat itu facebook hanya digunakan oleh mahasiswa Harvard saja, setelah itu jaringan facebook diperluas ke seluruh dunia.

Gojack yang dirintis oleh Nadiem Makaraim merupakan aplikasi yang dibuat untuk menghubungkan antara pengendara ojek dengan konsumen. Gojack lahir dari obrolan Nadiem dengan beberapa pangkalan ojek yang mengeluhkan tentang efektifitas waktu di pangkalan. Banyak tukang ojek yang mangkal namun penghasilan tidak seberapa. Nadiem pun membuat solusi atas permasalahn tersebut dengan membuat aplikasi Gojack.  Dengan aplikasi tersebut tukang ojek dapat menghemat waktu dalam menjalankan pekerjaan. Selain itu para konsumen juga terbantu dalam mencari ojek yang terdekat dengan lokasi dimana dia berada.

Source gambar : youngtechnopreneur.blogspot.com