Training 5R/5S Improvement Management system

Jika perusahaan ingin meningkatkan produktivitasnya, maka harus diketahui oleh manajemen perusahaan agar melakukan perbaikan secara terus-menerus. Dalam intinya, 5S adalah kebulatan tekad dalam melakukan pemilahan penyisihan di tempat kerja, pembersihan, mengadakan penataan, merawat kondisi yang nyaman serta merawat kebiasaan yang dibutuhkan perusahaan dalam mengerjakan pekerjaan secara bagus. Istilah 5S berawal dari kata-kata depan huruf di istilah Jepang, Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke, yang dijadikan acuan. Bagaimanapun juga istilah tersebut mungkin susah dihafal oleh orang yang bukan dari Jepang, maka dari itu diterjemahkan dalam bahasa indonesia menjadi kata yang mudah diingat dan dihafal yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin.

5R mudah untuk dipahami dalam dunia kerja. Namun 5R tidaklah mudah dalam implementasi secara benar. 5R membutuhkan kegigihan, perjuangan dan tekad yang kuat. 5R membutuhkan tindakan secara terus-menerus dan berkelanjutan. 5R membutuhkan kesiapan dalam membaca apa yang penting serta memberikan pandangan dengan sangat mendetail. 5R memang tidak memberikan hasil secara cepat dan drastis, namun 5R akan merubah kenyamanan serta produktivitas kerja di perusahaan menjadi lebih baik. 5R mampu memberikan efek atau hasil dengan melalui implementasi kerja yang sangat mudah sekali. 5R mampu mereduksi dalam pemborosan waktu karena barang yang mudah dicari akan menghemat watu. 5R dapat memberikan efek dalam rasa bangga karyawan terhadap pekerjaan di perusahaan. Serta 5R akan memberikan efek dalam hal produktivitas yang sangat tinggi serta mutu kerja yang sangat baik sebab karyawan akan melaksanakan tugasnya , bangga akan tugasnya serta akan lebih mempedulikan pekerjaannya.

Namun, yang paling penting adalah bahwa hal tersebut wajib dilakukan usaha terpadu di Semua tingkat level perusahaan. Kita tidak bisa hanya memberi kebijakan pada karyawan pabrik agar melaksanakan 5R. Manajemen perusahan tingkat menengah maupun tinggi juga wajib melakukannya. 5R wajib dilakukan baik di pabrik maupun di kantor. Manajemen wajib mendukung dan melaksanakan 100% dalam program 5S ini. Setiap karyawan wajib melakukan tugas sesuai dengan job descnya. Program 5S tidak mudah dalam implementasi, akan tetapi akan mampu memberikan hasil yang positif.

Sesudah memberikan penjelasan pemikiran dasar latar belakang program 5R serta tujuan mengapa semua tempat kerja bisa menarik manfaat dari program 5R, pelatihan ini membahas masing-masing R dari 5R sampai detail dan rijit. Semua usaha sudah dilakukan dalam bahasan tersebut agar bisa difahami oleh banyak orang serta menghindari macam bahasa teknik sebagian orang yang ditemukan dalam beberapa besar referensi tentang manajemen. 5R ditujukan kepada setiap karyawan / sdm, tidak hanya kepada beberapa SDM ahli.

Training / Pelatihan / Workshop / Bimtek 5R membekali peserta melalui pemahaman serta ketrampilan pemahaman dengan pendekatan tentang tahapan dalam implementasi 5R secara general, adalah dengan jalan mengidentifikasi dimana akan dilakukan  perbaikan pada tempat kerja perusahaan

Tujuan 5R yang dapat dihasilkan dari pelatihan ini adalah

Secara Umum hal yang dihasilkan dari penerapan 5R, antara lain:

Seiri : Ringkas

Perusahaan mampu mengatur setiap sesuatu, dengan sebuah prinsip mampu memilah sesuatu. Dapat membedakan antara yang tidak diperlukan dan apa yang diperlukan, mampu menghasilkan keputusan yang benar serta mampu mengimplementasikan manajemen stratifikasi dalam mengelompokkan barang yang sudah tidak diperlukan.

Seiton : Rapi
Perusahaan mampu menyimpan barang di lokasi dalam tata letak yang benar atau yang tepat sehingga barang bisa dipergunakan bahkan di situasi mendadak yang membutuhkan waktu yang cepat. hal tersebut sangat berguna dalam menghilangkan waktu pencarian yang sangat lama. Jika barang untuk bekerja / sesuatu diletakkan di tempat masing-masing, maka tempat kerja akan terlihat rapi.

Seiso : Resik
Perusahaan mampu membersihkan barang – barang yang tidak diperlukan, sehingga tidak ada tumpukan barang yang tidak berguna di tempat kerja.

Seiketsu : Rawat
Perusahaan mampu merawat barang – barang dan tempat kerja supaya teratur, bersih, rapi, termasuk dalam aspek personal serta hubungannya dengan limbah pabrik atau polusi.

 Shitsuke : Rajin
Perusahaan memiliki kemampuan dalam mengerjakan sesuatu secara benar dan menjadikannya suatu kebiasaan di alam bawah sadar.

Agenda Training 5R 5S Improvement Management system:

Adapun materi yang akan disampaikan mengenai konsep implementasi 5R, sebagai berikut :

Hari Pertama:

  1. Video 5R (konsep dan contoh)
  2. Bagaimana cara menemukan ‘waste’.
  3. Konsep ‘value stream and hidden factory’
  4. Eliminasi ‘waste’ dengan 5R
  5. Langkah 1 – Ringkas (seleksi)
  6. Langkah II – Rapi (susun)
  7. Langkah III – Resik (bersih & tertib)
  8. Langkah IV – Rawat (pemeliharaan)
  9. Langkah V – Rajin (pelatihan)

Hari Kedua:

1. Implementasi 5R di tempat kerja

  1. Persiapan Audit
  2. Audit 5R di tempat kerja
  3. Evaluasi Audit 5R
  4. Laporan Kelompok
  5. Presentasi kelompok
  6. Rencana Tindak Lanjut
  7. Bagaimana menjaga keberlangsungan 5S ditempat kerja

5R 5S improvement management system rinngkas rapi resik rawat rajin

Metode Pelaksanaan Training 5R/5S Improvement Management system

Pelatihan Training 5R 5S Improvement Management system membutuhkan tingkat interaksi yang tinggi dengan tujuan setiap materi langsung dapat menjadi bahan diskusi.

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Studi case
  • Brain storming
  • Ice breaking
  • Simulasi
  • Dll

Peserta Pelatihan Training 5R 5S Improvement Management system

Staff, Foreman, Supervisor yang ingin mengembangkan kemampuan dalam melakukan analisa data, dan pemecahan masalah.

Biaya Training 5R 5S Improvement Management System

Yogyakarta IDR 5.500.000,00non residential | minimal kuota 2 peserta | diskon khusus untuk pengiriman minimal 2 peserta atau lebih dari perusahaan yang sama.

Fasilitas:

  • Materi Soft dan Hard Copy,
  • Sertifikat Pelatihan
  • Instruktur yang berpengalaman di bidangnya
  • Ruang kelas di hotel berbintang
  • Flash Disk,
  • Exclusive Traning Kit,
  • Dokumentasi,
  • 2 x Coffee Break dan 1 x lunch
  • Layanan booking hotel
  • Transportasi Antar Jemput (minimal 2 orang dari perusahaan yang sama)*

KETENTUAN PELAKSANAAN Training 5R 5S Improvement Management system

  • Private Training (1-5 Peserta)
  • Regular Training (5-20 Peserta)
  • In House Training (Mulai dari 15 Peserta)

Informasi dan Pendaftaran Training 5R 5S Improvement Management System

Smedev Training Center
Jl. Brotojoyo no 3 Perum Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta
Telp/WA :  (0877 345 777 40)
Email : admin@smedev.co.id
Website : smedev.co.id