Usaha rumahan untuk pensiunan merupakan kegiatan mengisi masa pensiun yang sangat menggiurkan, pasalnya kerja bisa dilakukan di rumah. Para pensiunan tidak perlu keluar rumah sehingga bisa memanfaatkan waktu yang optimal. Seiring dengan kemampuan tubuh yang tidak lagi prima, maka para pensiunan harus memilih kegiatan efektif untuk menghasilkan sesuatu yang produktif.  Usaha yang cocok untuk pensiunan bisa berasal dari hobi seseorang. Misalkan ada yang memiliki hobi bulu tangkis, maka orang tersebut bisa memulai dari menjual perlengkapan olah raga bulu tangkis seperti raket, sepatu, kaos olah raga. Hobi makan bisa membuat usaha warung makan yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan usaha lain.

Usaha persiapan pensiun merupakan hal yang wajar untuk menjamin kesejahteraan setelah pensiun. Bahkan ada beberapa orang yang mulai merintis usaha sebelu pensiun karena sudah sadar bahwa suatu saat nanti pasti menghadapai masa pensiun yang akan dihadapi oleh para pekerja baik tingkat manajemen atas sampai manajemen bawah.

Banyak pegawai yang belum menemukan jawaban atas pertanyaan seperti setelah pensiun ngapain dan apa yang harus dilakukan setelah pensiun. Bahkan ada beberapa orang yang sudah pensiun dini, lalu berfikir tentang usaha setelah pensiun dini atau menemukan jawaban tentang mau buka usaha setelah pensiun dari pns. Berikut ini merupakan 5 Ide Usaha Rumahan Untuk Pensiunan

Usaha Rumahan Untuk Pensiunan

1. Bisnis Online
Bisnis online di Indonesia saat ini tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan pertahun hampir 50% lebih dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Banyak pengguna internet memunculkan cara baru dalam menjual sebuah produk. Bahkan ada beberapa bisnis kecil yang mampu menjual produk mengalahkan bisnis besar. Dengan online maka kita bisa menjual berbagai macam produk yang ada di Indonesia bahkan seluruh dunia.

2. Bisnis Kue/ Snack / Catering
Kebutuhan akan makanan baik ringan maupun berat sangat dibutuhan bagi kelangsungan hidup manusia. Instansi, perusahaan maupun kantor pastinya membutuhkan snack maupun makan besar ketika menyelenggarakan sebuah kegiatan baik rapat maupun pelatihan. Tentu dengan banyakanya kegiatan tersebut bisa menjadi peluang bagi seseorang untuk bisa memulai usaha di bidang catering.

3. Bisnis Pulsa, Paket Data, PPOB
Pulsa dan paket data diperlukan oleh manusia yang digunakan untuk melakukan komunikasi. Kebutuhan akan komunikasi sangatlah penting di era keterbukaan informasi saat ini. Baik komunikasi melalu telfon sms maupun melalui media internet yang hampir setiap individu butuh koneksi internet. Selain itu PPOB juga sangatlah dibutuhkan untuk segala jenis pembayaran baik itu listrik, pdam, tagihan telfon, BPJS serta tagihan lainnya. Dengan adanya PPOB memudahkan para konsumen untuk membayar jenis tagihan, tentunya hal ini sangatlah menguntungkan bagi para pegiat bisnis PPOB.

4. Bisnis Jasa
Bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis jasa. Bisnis jasa sangatlah menggiurkan, karena modal yang harus disediakan tidak seperti usaha yang harus membeli produk terlebih dahulu. Namun, keberhasilan dari produk jasa ditentukan dari kualitas pelayanan terbaik dari sebuah perusahaan atau instansi. Sekali saja pelanggan kecewa dengan jasa yang kita tawarkan maka kemungkinan pelanggan tidak akan kembali lagi untuk memakai jasa kita. Jasa yang ditawarkan bisa bermacam-macam misalkan jasa jahit, jasa desain grafis, jasa gambar, jasa percetakan.

5. Bisnis Fashion
Fashion di indonesia tidak ada matinya karena indonesia merupakan masyarakat yang sangat konsumtif dalam berpenampilan. Trend Center budaya luar sangatlah kuat pengaruhnya terutama dalam fashion. Fashion ala barat maupun ala korea semua bisa ditemukan di Indonesia karena memang banyak fans film barat maupun korea yang membuat para pecinta film menyukai fashion juga. Baju, gamis, jilbab, kemeja, tas, sepatu adalah produk fashion yang biasanya beredar di pasaran.

Pelatihan Persiapan Masa Pensiun
Smedev Training Center
Telfon / WA 0877 345 777 40