Masa pensiun menimbulkan keraguan tersendiri pada setiap orang. Keraguan yang ditimbulkan yaitu jaminan kehidupan dimasa yang akan datang, ketika memasuki masa-masa pensiun. Setiap orang menginginkan di masa pensiunnya sudah mapan dan berkecukupan serta terjamin kesehatan dan kehidupannya.

Berikut adalah tips sukses yang dapat dilakukan ketika memasuki masa pensiun, yaitu :

  1. Usaha di bidang petrnakan

Usaha ini memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan yang besar jika dikelola dengan baik. Karena usaha di bidang peternakan ini tidak banyak menguras waktu dan tenaga. Contonya yaitu :

  • berternak sapi dan kambing
  • berternak sejenis unggas (ayam dan bebek)
  • berternak ikan air tawar (gurameh, nila, dan lele)

2. Usaha di bidang agrobisnis

Usaha ini juga tidak menyita banyak waktu, sehingga dapat dikerjakan ketika memiliki waktu luang. Selain itu kegiatan di bidang agrobisnis ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan halaman kosong yang ada dirumah. Dapat juga di tanam di polybag jika tidak memiliki halaman yang luas. Berikut ini adalah tanaman-tanaman yang bisa di kembangkan, yaitu tomat, cabai, terong, dan masih banyak lagi.

3. Usaha kost dan kontrakan

Usaha ini adalah usaha dengan modal yang besar namun juga memiliki profit yang besar pula. Usaha kost dan kontrakan ini adalah usaha yang minim rugi. Dalam pengelolaannya harus teliti dan cermat. Selalu mengikuti perkembangan dengan menciptakan inovasi baru, misalnya, kost dengan wifi gratis, kamar ber-AC, kamar mandi dalam, closet duduk, atau bahkan menambahkan dapur mini di setiap ruangan.

4. Menjadi reseller dan dropshipper

Usaha dengan minim modal dan resiko. Hanya dengan menawarkan foto-foto produk melalui media sosial. Tanpa harus memiliki stok barang.

5. Membuka jasa Laundry

Hal ini adalah peluang bagi seseorang yang sudah pensiun dan memiliki tempat yang strategis, misal dilingkungan kampus, perkantoran, perumahan dan kost-kostan. Hanya bermodalkan mesin cuci dengan pengering dan setrikaan. Sudah dapat membuka usaha ini.

6. Usaha di bidang kuliner

Saat ini usaha di bidang kuliner makin banyak diminati. Cara pemasarannya juga mudah yaitu menawarkan makanan yang enak dengan konsep yang unik, misalnya dengan konsep prasmanan, cafe, atau dengan sistem delivery order kepada rekan kerja atau teman melalui brosur menu. Untuk tempat usaha kuliner ini, bisa dengan memanfaatkan teras rumah yang diatur seperti cafe dengan berhiaskan tumbuhan seperti taman. Dengan mempertahankan kualitas rasa dan selalu berinovasi maka bisnis kuliner ini bisa terus dikembangkan.

7. Membuka Mini Market atau Toko Kelontong

Jika memiliki modal yang cukup banyak tidak ada salahnya jika membuka mini market atau toko kelontong. Bisa juga dengan menjalin kerja sama dengan franchise sehingga barang langsung disuplay oleh pihak franchise. Namun jika tidak bekerja sama dengan franchise, maka cara mengisi toko kelontong kita dengan mencari suplier sesuai dengan barang-barang yang akan dijual. Membuka usaha ini menjadikan peluang untuk mengisi kegiatan pada masa pensiun dan sebagai tambahan penghasilan.

8. Membuka jasa fotokopi dan rental komputer

Jika memiliki rumah yang berdekatan dengan sekolahan, kampus tau kantor. Maka dapat manfaatkan masa pensiun dengan membuka usaha jasa fotocopy, pengetikan, cetak, jilid, sewa komputer, dan bisa menambahkan dengan menjual alat tulis kantor. Karena banyak dari pegawai, siswa maupun mahasiswa membutuhkan perlengkapan alat tulis tersebut.