Pernahkah anda merasa bahwa usaha yang dijalankan berjalan stagnan dan begitu begitu saja.  Seolah bisnis tidak mengalami perkembangan. Omset tak kunjung naik. Banyak masalah selalu berulang  Sekarang saatnya membuat bisnis anda naik kelas.  Naik produktifitas,  naik omsetnya.  Banyak cara untuk mengakselerasi bisnis. Cara-cara ini bisa anda coba untuk mengakselerasi bisnis dan bisnis sukses. Cara ini berdasarkan pengalaman kami dalam mendampingi KUMKM.

1. Milikilah Pendamping Bisnis.

pendamping bisnis umkm

Pendamping bisnis perlu anda miliki sebagai fungsi mentor,  coach ataupun konsultasi. Anda pasti akan mengalami permasalahan dalam bisnis.  Tidak ada pohon yang menjulang tinggi tanpa diterpa angin. Semakin tinggi pohon,  maka semakin kuat terpaan angin.  Semakin tinggi bisnis yang anda jalankan maka akan banyak masalah yang dihadapi.

Jika kita saat sekolah ingin naik kelas maka ada ujian yang harus dihadapi.  Untuk naik kelas maka bisnis tersebut akan berhadapan dengan berbagai masalah baik teknis maupun non teknis.  Masalah yang biasanya dihadapi banyak diantaranya ada pemasaran, sdm, produksi maupun keuangan.  Masalah tadi bisa kita sampaikan ke mentor,  coach ataupun konsultan bisnis.

Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM DIY

Banyak pilihan dalam mendapatkan pendamping bisnis baik gratis maupun berbayar.  PLUT KUMKM merupakan tempat rekomendasi anda dalam mendapatkan pendamping bisnis. PLUT KUMKM merupakan rumah bersama bagi Koperasi dan UMKM.  Tempat KUMKM berkumpul dan meningkatkan kapasitas.  PLUT KUMKM memiliki jarinngan luas diseluruh indonesia.  Manfaatkanlah itu karena gratis.

Kita butuh bantuan orang lain untuk memotret usaha yang sedang kita jalani. Orang diluar system bisnis kita tentu bisa melihat bagaimana bisnis dijalankan. Cara padang berbeda akan memperkaya pengetahuan dan khasanah ilmu kita dalam menjalankan roda bisnis.

Jaringan konsultan bisnis dari seluruh indonesia yaitu ABDSI (Asosiasi Business Development Services Indonesia) merupakan perkumpulan konsultan bisnis dari berbagai lembaga. Asosiasi tersebut juga memfasilitasi pengusaha yang ingin mendapatkan pendamping bisnis. ABDSI saat ini dipercaya oleh MFP untuk menjalankan program CBFM Community Base Forestry Management. Program CBFM memfasilitasi pengusaha yang bergerak di bidang hasil hutan. Secara track record ABDSI mempunyai kemampuan yang bagus dalam mendampingi UMKM.

Bagi wirausaha khususnya pemula, yang ingin mengembangkan bisnis melalui media online dapat memanfaatkan jasa IT Preneur Jogja yang diinisiasi oleh penulis. Lembaga pendamping bisnis ini telah mendampingi beberapa pengusaha untuk mengembangkan bisnis melalui media online. Media online yang paling menarik adalah website dan medsos. Banyak teknik dalam menggarap media online ini. Beberapa usaha yang didampingi adalah Souvenir Kulit Jogja, Soho obat herbal, Lampu Sonja, Azolla Craft, Empek-empek jewel, Elarmanyura craft.

Salah satu rekan kami memiliki coach bisnis. Sebelum memiliki coach bisnisnya memiliki omzet yang stagnan,  namun setelah memiliki coach bisnis omzetnya meledak 400%. Beliau tidak segan untuk merogoh kocek puluhan juta untuk mendapatkan jasa coaching. Namun, apa yang dikeluarkan lebih besar dengan apa yang akan didapatkan. Jika memiliki alokasi dana untuk coaching maka jangan segan untuk mendapatkan jasa layanan ini. Memilih pendamping/coach bisnis ada caranya,  khususnya yang berbayar. Diantaranya adalah kita lihat track record coach, sudah berapa client yang telah ditangani dan sukses dalam bisnisnya.

Kita akan banyak mendapat inspirasi dan bimbingan tentang berbagai aspek diantaranya adalah keuangan, produksi, pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Perencanaan keuangan akan menjadikan bisnis kita lebih dinamis disertai dengan pencatatan keuangan yang super komplit. Manajemen Produksi akan dibantu dengan adanya SOP yang baik. Pemasaran akan bisa dikembangkan dengan mengecek kembali target pasar dan potensi pasar. Manajemen SDM merupakan ilmu untuk mengelola karyawan mulai dari perekrutan sampai pada karyawan menjalani pekerjaannya.

2. Buatlah Bisnis Plan

perencanaan bisnis business plan strategic

Gagal dalam perencanaan,  sama dengan merencanakan kegagalan. Bisnis harus direncanakan agar mampu berjalan dengan baik.  Banyak tool yang bis and dipakai dalam membuat rencana bisnis.  Bisnis Model Canvas merupakan tool senderhana dalam memetakan bisnis saat ini maupun dalam merencanakan bisnis secara simple.  Namun tidak semua bisnis dapat dipetakan dengan tools ini. Ada sembilan blok dalam bisnis model yang dibuat oleh Alexander Osterwalder. Sembilan blok tersebut adalah Customers Segment (Segmentasi Pelanggan), Value Proposition (Nilai Produk), Customer Relationship (Hubungan Pelanggan), Channel (Saluran), Revenue Stream (Arus Pendapatan), Key Resource (Sumber Daya Utama), Key Activities (Aktifitas Utama), Key Partnership (Mitra Utama), Cost Structure (Strutur Biaya).

Pahami empat pilar bisnis produk,  manajemen keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pasar. Produk merupakan hal yang penting dan mendasar bagi bisnis kita. Produk harus memiliki nilai dan memiliki keunikan yang sering disebut dengan Unique Selling Product (USP). Apa yang membedakan produk kita dengan produk orang lain. Keunikan produk akan menjadi kekuatan kita dalam bersaing dengan produk lain. Diferensiasi Produk bisa menjadi strategi bisnis. Contohnya adalah maskapai penerbangan beda jika kita naik garuda dengan naik Air Asia. USP Garuda dibanding maskapai lainnya adalah pelayanan yang prima, sedangkan USP Air Asia adalah maskapai yang harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan maskapai yang lain. Nah, sekarang apakah anda memiliki USP dalam produk anda jika dibandingkan dengan produk yang lain? Jika belum punya USP maka produk yang dimiliki akan susah bersaing dengan produk yang lain. Temukan sekarang dan jadikan USP tersebut sebagai brand anda.

Manajemen keuangan dalam usaha harus diperhatikan dengan cermat, banyak usaha yang gagal hanay karena tidak mengelola keuangan secara tepat. UMKM khususnya harus memiliki minimal arus kas masuk keluar, sehingga UMKM akan tahu untung ruginya. Jika untung berapa keuntungannya, jika rugi berapa kerugiannya. Mencampur keuangan keluarga dan keuangan keluarga juga mengakibatkan fatal dalam menjalani usaha. Usaha yang semula untung malah terasa rugi jika tidak dicatat dan langsung digunakan untuk kepentingan atau kebutuhan sehari-hari. Permasalahan yang paling sering dihadapi oleh UMKM adalah tentang modal. Sebaiknya perlu digali lebih dalam lagi tentang modal, apakah permasalahan utamanya adalah modal atau yang lain. Mentalitas sebagai wirausaha yang tahan banting meski dimiliki oleh calon wirausaha atau seorang wirausahawan. Akses permodalan dapat diselesaikan dengan berbagai cara. Pertama, Buatlah proposal yang menggambarkan usaha anda dengan gamblang, baik perencanaan keuangan, BEP. Ajukan proposal tersebut kepada investor, investor bisa saja teman kita yang sudah terlanjur punya banyak uang namun bingung buat apa uang tersebut. Pilihan kedua bisa akses KUR (Kredit Usaha Rakyat) merupakan program yang digulirkan oleh pemerintah guna mempercepat pertumbuhan usaha.

3. Milikilah Mimpi yang besar

mimpi tentang bisnis kita mau dibawa kemana

Hidup berawal dari mimpi, begitu kata Bondan Prakosa. Pernahkan anda bermimpi bahwa bisnis anda akan besar dan memiliki omzet milyaran bahkan trilyunan. Dosen saya Prof. M.Suyanto mengajarkan pada saya milikilah mimpi yang besar. STMIK AMIKOM Yogyakarta dibangun dari mimpi seorang anak penjual Kedondong. Pertama kali Sekolah ini berdiri dibangun dengan mimpi menjadi Perguruan Tinggi Komputer Terbaik Di Indonesia. Padahal, saat itu kondisi tempat sangat sangat terbatas. Berkat tekad yang kuat dan pantang menyerah akhirnya STMIK AMIKOM menjadi PT yang masuk dalam rekor dunia oleh Unesco. Bermimpilah, dan buatlah jadi nyata. If you want dream comes true, don’t sleep to much (Wing Wahyu Winarno).

Orang-rang besar memiliki mimpi yang besar pula. Anda harus memimpikan sepuluh tahun kedepan usaha anda akan mencapai tingkat mana. Sugesti mimpi akan memberikan banyak kekuatan dan dorongan pada kita sehingga kita tambah bersemangat dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita. Dalam mengejar mimpi tentu tidak mudah, akan ada banyak halangan dan rintangan. Hasan Al Banna pernah menyampaikan bahwa mimpi hari ini adalah kenyataan esok hari.  Ketika kita tidak tahu arah tujuan usaha kita maka susah sekali bisnis kita akan sukses dan berkembang. Jika kita tahu ke mana arah bisnis kita, maka kita akan semakin yakin dalam menjalani dan mengejar apa yang menjadi mimpi-mimpi kita. Listlah mimpi-mimpi anda dan coret setiap mimpi yang sudah terealisasi. Orang besar adalah orang yang memiliki mimpi mimpi maupun cita-cita besar.  Percayalah kekuatan mimpi akan bisa membawa usaha anda pada mimpi kita.

4 Bangunlah Brand.

membangun branding dengan cepat

Brand merupakan aspek penting dalam usaha yang anda jalankan. Brand membuat produk kita bisa dikenal oleh calon konsumen. Baik sekarang kita akan membahas brand produk yang bagus.

Pernahkan anda membayangkan sosok pemimpin kita? Ketika anda melihat sosok Susilo Bambang Yodhoyono bagaimana persepsi anda? Jika kita melihat sosok SBY maka kita akan dapati seorang yang berwibawa, tegas, bijaksana. Lalu jika anda membayangkan sosok Soekarno, tentu akan ada persepsi bahwa dia adalah presiden pertama, seorang proklamator, seorang yang berani. Lalu, pertanyaannya apakah persepsi yang melekat pada seseorang bisa diterapkan disebuah produk? Jawabannya adalah bisa, sangat bisa. Hal tersebut yang dinamakan branding.

Branding merupakan strategi agar sebuah produk dapat dikenal oleh calon konsumen, sehingga brand dapat dibentuk dari beberapa informasi terhadap barang atau jasa serta dari pengalaman-pengalaman masa lalu.

cara membangun branding

Membangun branding cara 360dms.in

Branding dibentuk dari berbagai unsur yang saling berkaitan yaitu layanan pelanggan, Manfaat Produk, Harga, dan kesan yang kuat. Sedangkan kesan yang kuat dipengaruhi oleh pengulangan, logo dan Nama. Bahkan pakar branding asal indonesia yaitu Subiakto mengatakan bahwa setiap yang punya nama ada brandingnya.

maksimalkan layanan pelanggan full customer service

  • Layanan pelanggan.

Pepatah mengatakan bahwa pelanggan adalah raja, memang benar adanya karena kita dapat keuntungan dari pelanggan. Kisah menarik kami dapat langsung dari Pemilik Waroeng Steak yaitu Jody Brotosuseno. Awal membangun bisnisnya beliau langsung terjun bersama istri dan dua orang karyawan. Saat warungnya sedang beroperasi, dia dapati seorang pelanggan yang marah-marah tanpa alasan dan membayar uang dengan car melempar uang di wajahnya. Jika saat itu anda menajadi Pak Jody, apa yang akan anda lakukan? apakah anda akan membalas perlakuan konsumen tadi atau marah-marah? Saat itu pak Jody bimbang mau mengambil sikap yang mana antara mau membalas atau diam tetap senyum. Ternyata yang dipilih adalah diam dan tetap senyum kepada pelanggan tadi sampai akhirnya sang pelanggan meninggalkan warungnya. Pak Jody kemudian “Niteni” apakah pelanggan tersebut akan kembali apakah tidak. Selang berapa waktu ternyata Pak Jody mendapati bahwa pelanggan tadi ternyata kembali dan menjadi pelanggan dari Waroeng Steak. Jika saja sikap yang diambil adalah membalas perlakuan sang pelanggan, maka pasti pelanggan tersebut akan kabur.

Strategi pelayanan konsumen yang bagus diterapkan oleh maskapai penerbangan yaitu Garuda Indonesia. Walaupun dibandingkan dengan maskapai lain dengan harga yang murah, Garuda Indonesia tetap memiliki pelanggan yang setia karena Full Service dengan pelayanana memuaskan. Garuda Indonesia memiliki SOP (Standard operation Procedure) dalam melayani pelanggan. Pengguna layanan maskapai Garuda merupakan pelanggan dari menengah ke atas.

manfaat produk dalam pengembangan usaha

  • Manfaat produk

Produk yang bermanfaat bagi konsumen akan sangat dibutuhan oleh pasar, sebaliknya produk yang tidak bermanfaat akan susah dipasarkan. Sebuah produk / jasa harus mampu menyelesaikan permasalahan konsumen. JNE mampu berkembang dengan bagus karena mampu menyelesaikan permasalahan. Permasalahan bisnis online adalah pengiriman barang, maka JNE mengambil peluang tersebut dan bisnisnya berkembang dengan pesat. Apakah dalam usaha yang anda lakukan produk / jasa yang dihasilkan menyelesaikan sebuah permasalahan atau tidak? Jangan menjual produk yang tidak ada pangsa pasarnya atau pangsa pasarnya sedikit. Jualah produk yang dibutuhkan oleh pasar.

harga bersaing bisnis berkembang

  • Harga

Penetapan harga yang tepat menjadi salah satu penentu brand produk. Harga yang murah bisa jadi brand, contohnya adalah obat nyamuk hits. Hits mengusung brand “Kalau ada hits kenapa harus bayar lebih mahal”. Tagline tersebut mampu mengangkat penjualan melebihi produk lain. Harga yang tinggu juga mampu membuat brand bahwa sebuah produk berkelas, elegan dan mewah.

  • Kesan yang kuat

Kesan yang kuat dapat dibangun oleh  Logo, Nama, Pengulangan. Logo yang bagus memberikan kesan yang kuat karena setiap logo atau gambar mampu menceritakan sebuah produk. Nama, buatlah nama yang simple unik namun mudah untuk diingat. Pengulangan, sesuatu jika dilakukan secara berulang akan mudah untuk diingat. Iklan yang terus dilakukan secara berulang akan memperkenalkan sebuah produk dengan baik. Secara bawah sadar jika ada sesuatu yang diulang maka otak akan merekam dan masuk dalam kepala kita (itulah persepsi).

5. Onlinekan Bisnis Anda

Onlinekan bisnis anda

Perumbuhan bisnis online di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Munculnya banyak marketplace yang menyasar Indonesia membuktikan pasar online di Indonesia sangat menggiurkan. Jika anda belum online saat ini maka segeralah online. Online bisa melalui media seperti media sosial, facebook, twitter, instagram, G+ atau melalui website. Trilyunan transaksi online di Indonesia membuat bermunculan toko online seperti lazada,  zalora,  tokopedia, olx dan masih banyak lagi toko online yang pangsa pasarnya Indonesia.  Menghadapi menjamurnya toko online maka anda harus berfikir dan membuat strategi agar toko online anda dikenal oleh orang.

digital di indonesia online

sosial media di indonesia 2016

Gunakan media sosial facebook fanspage dalam memasarkan produk anda. Tambahlah likers anda baik melalui cara gratis maupun cara berbayar. Facebook Ads merupakan cara agar produk anda dikenal oleh banyak orang dengan jangkauan yang luas. Tetapkan target audien secara tepat,  buat konten baik gambar maupun tulisan yang menarik minat konsumen.  Jangan hanya posting produk di fanspage anda,  namun buatlah tulisan yang bermanfaat dan berhubungan dengan produk yang anda jual. Terus dan rajin update fanspage akan membuat liker bertambah.

Buatlah website sebagai identitas sekaligus tempat jualan. Dalam membuat website hanya tiga yang harus diperhatikan konten,  konten dan konten. Konten merupakan raja bagi nyawa website.  Semakin banyak dan bagus konten anda di website yang anda kelola maka semakin besar pengunjung datang ke website anda. Semakin banyak orang berkunjung ke website anda,  maka akan semakin besar tingkat konversi pendapatan anda. Website yang dirawat dan rajin diupdate akan mendapat rangking yang bagus dimata google. Kombinasikan antara fanspage dan website,  buat cara sekreatif mungkin untuk menarik orang datang ke website kita.  Gunakan website sebagai landing page dalam menjual produk.

6. Perbanyak Jejaring Anda Bergabunglah dengan komunitas.

jejaring bisnis buat jaringan dan komunitas bisnis

Banyak komunitas bisnis di Indonesia diantaranya Komunitas Tangan Diatas, Komunitas PLUT-KUMKM, Komunitas SmartPreneur. Menjaga lingkungan kita agar tetep semangat dalam bisnis sangat penting.  Orang-orang yang akan kita temui di komunitas akan menjadi jaringan atau mitra kita. Belajarlah dari orang yang sukses duluan,  maka dengan belajar dari pendahulu kita kita akan lebih cepat mengembangkan bisnis.  Seraplah ilmu dengan bagus, jadilah pendengar yang baik.

Kartu nama akan membuat anda dikenal oleh orang, buatlah kartu nama.  Tidak mahal kok jadi buatlah sekarang. Cantumkan nama usaha anda sehingga usaha anda dikenal orang. Keren kan kalau kita memperkenalkan diri sebagai owner atau pemilik sebuah usaha.

7. Perbanyak Doa dan Sedekah.

sedekah dan doa kaya

Selain menjaga hubungan baik dengan sesama manusia,  kita juga harus menjaga baik hubungan dengan Maha Pemberi Rezeki yaitu Alloh SWT. Kawan saya pengusaha properti yang omzetnya ratusan juta perbulan mengatakan bahwa jangan lupa shodaqoh. Jika memakai nalar maka kita tidak akan menemukan hubungan antara usaha dan sedekah.  Namun kalau bicara tentang keyakinan kita akan menemukab hubungannya.  Dalam Al-Quran jika harta disedekahkan maka akan menjadi 7 cabang dan masing-masing cabang menjadi 10 dan masih dilipatkan pahalanya sama Alloh. Nah,  itu janji Alloh loh bukan janji manusia. Kalau manusia rawan PHP.