Dalam rangka mewujudkan UMKM naik Kelas Inkubator Bisnis merupakan salah satu cara untuk mempercepat laju kewirausahaan. Konsep Inkubator bisnis sebenarnya sama dengan Inkubasi bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir diberikan proses inkubasi selama beberapa waktu, sehingga saat inkubasi sudah selesai maka bayi bisa hidup di dunia dengan normal dan berkembang dengan normal. Jika kita implementasikan dalam dunia bisnis, maka Inkubator Bisnis merupakan proses dimana wirausaha atau bisnis yang sudah lahir atau dimulai, namun masih membutuhkan proses inkubasi agar usaha yang dijalankan bisa hidup dan tumbuh dengan normal. Peserta Inkubator Bisnis dipilih bukan orang yang baru akan memulai usaha, namun peserta inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas adalah peserta yang telah memiliki usaha dan usahanya sudah jalan. Berikut ini merupakan tujuan diadakan program Inkubator Bisnis

  1. Menghasilkan KUMKM yang tangguh dan berdaya saing tinggi.
  2. Memberikan kesempatan bagi para pemula untuk memperdalam ilmu bisnis.
  3. Memfaslitasi pengusaha pemula untuk dapat mengembangkan bisnisnya.
  4. Menciptakan wirausahawan baru yang mandiri, tangguh, dan kreatif.
  5. Mengurangi tingkat Pengangguran.
Inkubator Bisnis

Proses Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas

Proses dapat dilihat pada gambar, dimulai dari seleksi awal, proses inkubasi serta menjalankan usaha. Seleksi awal dapat dilakukan dengan memilih peserta. Peserta kemudian diberikan materi pembekalan baik secara teori maupun praktek. Setelah proses inkubasi selesai, peseta diminta untuk menjalankan usaha. Setelah menjalankan usaha peserta diminta untuk kembali mengikuti proses inkubasi dan prosesnya diulang selama dua sampai tiga kali, tentunya juga diimbangi dengan proses mentoring serta monitoring evaluasi untuk mengetahui perkembangan usaha yang telah dijalankan. Idealnya inkubator bisnis berjalan antara 6 bulan sampai dengan satu tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam Inkubator Bisnis penting diketahui bagaimana memilih peserta dengan tepat. Peserta Inkubator Bisnis disebut dengan tenant. Pemilihan peserta yang tepat akan menghasilkan teKriteria peserta yang dapat dipilih diantaranya adalah :

  • Usaha baru dirintis maksimal 2 tahun dan memiliki prospek yang bagus.
  • Membuat profil usaha/ proposal usaha.
  • Bersedia mengikuti seluruh rangkaian
  • Usaha bergerak dibidang kerajinan, kuliner dan ukm kreatif (tidak wajib, tergantung kebutuhan bisnis)

Materi Inkubator bisnis dapat berupa mainset, skill set, action set dan toolset. Materi inkubator tahap pertama kebijakan pemberdayaan UMKM, Motivasi dan Mindset Wirausaha, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Permodalan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan serta menyusun Model Mentoring dan Rencana Tindak Lanjut. Jika anda ingin menyelenggarakan Inkubator Bisnis, maka kami siap untuk bekerja sama dalam melaksanakan program tersebut.

Inkubator Bisnis UMKM

 

Hal yang penting dalam membangun wirausaha handal melalui Inkubator Bisnis adalah membangun mindset sebagai wirausaha tangguh. Pepatah mengatakan bahwa orang yang pernah jatuh akan gagal jika tidak mencoba, dan akan menemukan keberhasilannya manakala terus mencoba dan mencoba sampai menemui keberhasilannya. Mindset ibarat gunung es, hanya permukaan saja yang terlihat namun dibalik itu semua masih tersimpan banyak potensi. Mental yang kuat akan menghasilkan pengusaha yang tahan banting hingga akhirnya sukses. Bukan berarti orang sukses tanpa masalah, justru pengusaha sukses adalah pengusaha yang bertemu dengan berbagai macam masalah, namun tidak menyerah serta berusaha menyelesaikan permasalahan dengan jalan terbaik. Sering pengusaha mengeluh tentang permodalan, kurang modal, modal tidak cukup. Ada juga mengeluh tentang pemasaran, pemasaran lagi sepi, tidak ada order, banyak pesaing. Keluhan tentang SDM juga ada, mulai dari perekrutan karyawan sampai manajemen karyawan. Namun, sejatinya jika selalu muncul keluhan tentang permasalahan-permasalahan tersebut maka perlu diperbaiki dulu mindset sebagai seorang wirausaha handal. Dengan adanya program Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas, pengusaha pemula dapat menemukan jalan untuk meraih keberhasilan dalam menjalankan usaha. Bravo !!!